Sering Merasa Bersalah: Gejala Gangguan Kesehatan Mental yang Perlu Diketahui

Sering Merasa Bersalah: Gejala Gangguan Kesehatan Mental yang Perlu Diketahui

Diskriminasi, sebagai pemicu gangguan kesehatan mental, mengakibatkan keraguan diri dan stres, merugikan kesejahteraan psikologis individu secara signifikan.-Pinterest -

Pengidap enosimania akan merasakan ketegangan otot di beberapa bagian tubuh. Ketegangan ini dapat memicu rasa tidak nyaman dan terkadang menyebabkan sensasi fisik yang tidak menyenangkan, seperti sakit atau kaku.

5. Mengingat Kembali Kesalahan

Pengidap enosimania cenderung terus-menerus mengingat kembali kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi di masa lalu. Mereka mungkin secara obsesif memutar ulang peristiwa-peristiwa tersebut dalam pikiran mereka.

BACA JUGA:Mengetahui Jenis Gangguan Kesehatan Mental Pada Anak, Mengenali Tanda-tanda dan Pengelolaannya

BACA JUGA:Mengenal Anxiety Disorder, Gangguan Kesehatan Mental yang Seringkali Menyerang Kaum Gen Z

6. Merasa Menyesal yang Mendalam

Perasaan menyesal yang cukup mendalam adalah ciri khas dari enosimania. Individu yang mengalami kondisi ini seringkali merasa sangat menyesal atas tindakan atau keputusan tertentu

7. Menimbulkan Gangguan Fisik

Tak jarang, enosimania juga dapat memengaruhi kesehatan fisik seseorang. Pengidap enosimania sering mengalami gangguan pada fisik, seperti sakit perut, gangguan pencernaan, atau gejala-gejala lain yang terkait dengan stres yang berlebihan.

8. Merasa Khawatir yang Terjadi Berulang

Salah satu gejala gangguan kesehatan mental enosimania adalah perasaan khawatir yang terjadi berulang kali. Pengidap gangguan ini cenderung merasa gelisah dengan pemikiran tentang kesalahan yang mungkin terulang kembali. (wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: