6 Perbedaan Baterai LFP dan NMC untuk Motor Listrik, Mana yang Lebih Unggul?

6 Perbedaan Baterai LFP dan NMC untuk Motor Listrik, Mana yang Lebih Unggul?

Perbedaan Baterai LFP dan NMC untuk Motor Listrik-Radar Banyumas -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Memahami perbedaan baterai LFP dan NMC untuk motor listrik merupakan hal yang penting. Dengan begitu, Anda dapat memilih baterai yang tepat untuk motor listrik Anda.

Saat ini, dua jenis baterai yang populer digunakan pada motor listrik adalah LFP (Lithium Ferro Phosphate) dan NMC (Nickel Manganese Cobalt). Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Sehingga penting bagi pengguna untuk memahami perbedaannya sebelum memilih jenis baterai yang tepat untuk kendaraan Anda. Berikut 6 perbedaan baterai LFP dan NMC untuk motor listrik.

1. Performa Jarak

Salah satu faktor penting yang dipertimbangkan ketika memilih motor listrik adalah jarak tempuhnya. Baterai merupakan komponen kunci yang menentukan seberapa jauh motor listrik dapat mencapai.

BACA JUGA:Kenali Perbedaan 3 Jenis Baterai, Sebelum Membeli Motor Listrik

BACA JUGA:ANDA PERLU TAHU! Jenis-Jenis Baterai yang Digunakan Pada Motor Listrik

Baterai LFP memiliki jarak tempuh yang lebih pendek dibandingkan dengan baterai NMC. Meskipun demikian, baterai LFP masih memiliki jarak tempuh yang cukup impresif.

Kemampuan baterai LFP mencapai sekitar 700 km, sementara baterai Nikel NMC dapat mencapai lebih dari 1000 km.

2. Pengisian Daya

Performa pengisian daya juga menjadi faktor yang penting dalam penggunaan motor listrik sehari-hari. Baterai LFP memiliki performa pengisian daya yang sedikit di bawah NMC. 

Meskipun demikian, baterai LFP memiliki kapasitas daya yang lebih rendah, yaitu sekitar 3,2 volt, dan cenderung kurang efisien saat digunakan pada kondisi musim dingin. Sementara itu, baterai Nikel NMC memiliki kapasitas antara 3,5 hingga 3,7 volt yang lebih efisien dalam kondisi musim dingin.

3. Ukuran dan Berat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: