Tips Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental karena Masalah Keluarga

Tips Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental karena Masalah Keluarga

Tips Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental karena Masalah Keluarga-Pinterest -

Makan malam bersama keluarga bukan hanya sebagai rutinitas harian, tetapi juga sebagai kesempatan berharga untuk memperbaiki komunikasi, meningkatkan kesejahteraan mental, dan mempererat hubungan dalam keluarga. 

4. Melakukan Kegiatan Bersama

Saat masalah muncul dalam keluarga, seringkali waktu bersama menjadi terbatas. Namun, kondisi ini justru dapat memperburuk stres karena kurangnya komunikasi dan dukungan antaranggota keluarga.

BACA JUGA:Seberapa Penting Kesehatan Mental, Mengapa Kesehatan Mental Perlu Diperhatikan?

BACA JUGA:Cara Mudah Vakum Media Sosial Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Untuk mengatasi hal ini, penting untuk tetap meluangkan waktu untuk berkegiatan bersama keluarga meskipun dalam situasi konflik. Hal ini membantu memperbaiki komunikasi dan juga memperkuat ikatan antaranggota keluarga.

Aktivitas bersama tidak perlu mahal atau rumit. Anda bisa melakukan kegiatan sederhana seperti bermain bersama, membuat karya seni, atau sekadar jalan-jalan di sekitar lingkungan. 

Berkat kegiatan bersama ini, anggota keluarga memiliki kesempatan untuk merasakan kebersamaan dan dukungan, yang pada gilirannya membantu mengurangi tingkat stres yang dirasakan. 

5. Mencari Topik Lucu

Ketika stres datang menerpa, senyum dan tawa bisa menjadi penyembuh yang ampuh. Menurut Psychology Today, tertawa tidak hanya dapat mengurangi depresi dan kecemasan, tetapi juga membantu kita menjadi lebih santai dan positif.

BACA JUGA:5 Jenis Tes Kesehatan Mental yang Dijamin Akurat 100 Persen

BACA JUGA:Mengenal Gangguan Mental Organik, Apa Saja Gejalanya dan Bagaimana Cara Penanganannya?

ketika masalah rumah tangga membuat Anda merasa tertekan, penting untuk mencari momen lucu. Anda bisa menonton video lucu di media sosial, atau menonton film dan serial komedi untuk mengalihkan perhatian dari stres yang sedang dirasakan.

Tidak hanya itu, jika anggota keluarga lain juga merasakan stres, Anda bisa mencoba menghadirkan sedikit humor dalam suasana rumah. Melontarkan candaan membantu mengurangi ketegangan dan mencegah gangguan kesehatan mental. (wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: