Masuk Musim Kemarau, Pemkab Purbalingga Siapkan 11,603 Juta Liter Air Bersih

Masuk Musim Kemarau, Pemkab Purbalingga Siapkan 11,603 Juta Liter Air Bersih

Bantuan air bersih yang disalurkan BPBD Kabupaten Purbalingga, pada tahun lalu.-Dok Aditya/Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga menyiapkan 11,603 juta liter air bersih, untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga terdampak musim kemarau, tahun ini.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga Prayitno kepada Radarmas, Senin, 20 Mei 2024.

"Jumlah alokasi bantuan air bersih yang akan kami salurkan tahun ini, kurang lebih sama dengan tahun lalu. Yakni, sebanyak 2.597 tangki atau 11,603 juta liter," ungkapnya.

Dia menjelaskan, pada tahun lalu kesulitan air bersih pada musim kemarau terjadi di 91 desa yang tersebar di 16 kecamatan.

BACA JUGA:Rawan Gangguan, Pohon Tepi Jalan Letnan Sudani Dipangkas

BACA JUGA:108 Orang Tak Ikut Seleksi CAT PPS Dinyatakan Gagal

Hanya dua kecamatan yang tak terdampak kekurangan air bersih, yakni Kalimanah dan Padamara. 

Sedangkan sisanya, Purbalingga, Bojongsari, Kutasari, Mrebet, Bobotsari, Karangreja, Karangjambu, Karanganyar, Kertanegara, Karangmoncol, Rembang, Kejobong, Pengadegan, Bukateja, Kaligondang dan Kemangkon, terdampak kekurangan air bersih 

Dia mengungkapkan, total ada 26.298 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak kekurangan air bersih, dengan jumlah warga terdampak sebanyak 83.647 jiwa.

Selain bantuan dari Pemkab Purbalingga melalui BPBD, bantuan juga diberikan oleh pihak ketiga. Jika masih diperlukan, bantuan dari Pemkab Purbalingga, akan ditambahkan. 

BACA JUGA:Minimalisir Kecelakaan, Bus Pariwisata di Purbalingga Dicek Kelaikannya

BACA JUGA:Sutejo Perajin Blangkon Soedirman Inovasi Baru dari Purbalingga

Sementara itu, saat ini diprediksi sudah mulai masuk ke musim kemarau. Namun, puncak musim kemarau diperkirakan baru terjadi bula. Juli- Agustus mendatang.

BPBD mencatat, hingga saat ini, masih belum ada desa di Kabupaten Purbalingga yang meminta bantuan air bersih. Meski pun sejak beberapa hari terakhir tidak turun hujan di beberapa wilayah. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: