Ini Jenis APAR yang Cocok Untuk Kebakaran Motor Listrik!

Ini Jenis APAR yang Cocok Untuk Kebakaran Motor Listrik!

Jenis APAR yang Cocok Untuk Kebakaran Motor Listrik-MOZAIC Lille-

RADARBANYUMAD.DISWAY.ID - Jenis APAR yang cocok untuk kebakaran motor listrik sangat penting untuk diketahui. Kebakaran pada motor listrik bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti korsleting listrik atau kerusakan pada baterai. 

Memilih alat pemadam api ringan (APAR) yang tepat dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dan melindungi keselamatan pengguna. APAR khusus untuk kebakaran listrik harus mampu menangani api yang disebabkan oleh bahan kimia dan komponen listrik. 

Untuk itu, mari kita bahas jenis-jenis APAR yang cocok untuk kebakaran motor listrik dan bagaimana cara penggunaannya yang benar.

1. APAR Powder Khusus Baterai Lithium

APAR ini mengandung senyawa khusus yang dapat mematikan reaksi kimia pada baterai lithium, yang merupakan sumber utama api pada motor listrik. APAR Powder khusus baterai lithium biasanya berwarna krom dan memiliki label yang jelas, sehingga mudah diidentifikasi. 

BACA JUGA:Tips Mengatasi MCB Motor Listrik yang Konslet

BACA JUGA:Tips Ampuh Mengatasi MCB Konslet pada Motor Listrik, Solusi Cepat dan Efektif!

Pastikan Anda memilih APAR Powder dengan rating minimal 5A untuk memastikan efektivitasnya dalam memadamkan kebakaran yang diakibatkan oleh baterai lithium. Dengan memilih APAR yang tepat, Anda dapat mencegah kebakaran lebih lanjut dan menjaga keselamatan kendaraan serta penggunanya.

2. APAR CO2 (Karbon Dioksida)

APAR CO2 tidak meninggalkan residu sehingga aman untuk digunakan pada peralatan elektronik. APAR CO2 efektif untuk memadamkan api kecil dan mencegah api menyebar lebih luas. 

Namun, penting diingat bahwa APAR CO2 tidak dapat memadamkan api pada baterai lithium secara langsung. APAR ini bekerja dengan menekan oksigen di sekitar api sehingga api tidak dapat berkembang lebih lanjut.

Penting untuk Diingat

Dalam memadamkan kebakaran pada motor listrik, ada beberapa hal yang perlu diingat:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: