Mengenal Gangguan Mental Organik, Apa Saja Gejalanya dan Bagaimana Cara Penanganannya?

Mengenal Gangguan Mental Organik, Apa Saja Gejalanya dan Bagaimana Cara Penanganannya?

Gangguan Mental Organik -Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gangguan mental organik atau disebut juga organic mental disorder/organic brain syndrome adalah keadaan di mana terjadi kerusakan pada otak yang menyebabkan gangguan mental. Sebelumnya, istilah ini digunakan untuk menggambarkan gangguan neurokognitif.

Umumnya, gangguan mental organik dialami oleh orang tua, namun dapat juga terjadi pada individu yang lebih muda. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada berbagai area otak yang berhubungan dengan fungsi-fungsi kognitif seperti belajar, mengingat, merencanakan, dan mengambil keputusan.

Selain itu, gangguan mental organik juga dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam memahami dan menggunakan bahasa dengan benar, mengkoordinasikan gerakan tubuh, serta berperilaku sesuai dengan norma-norma sosial yang berlaku.

Gejala Gangguan Mental Organik yang Perlu Diwaspadai

Gejala gangguan inin dapat bervariasi tergantung pada kondisi yang mendasarinya. Meskipun demikian, ada beberapa gejala utama yang umum terjadi pada gangguan ini.

BACA JUGA:Langkah Menghindari Gangguan Kesehatan Mental dalam Proses Belajar Anak

BACA JUGA:Jenis-Jenis Gangguan Kesehatan Mental pada Lansia

1. Sering Melupakan Sesuatu

Salah satu gejala utama gangguan ini adalah sering melupakan sesuatu. Individu mungkin merasa kesulitan dalam mengingat informasi atau peristiwa yang penting.

2. Merasa Bingung Secara Berulang

Gangguan ini juga sering kali ditandai dengan perasaan bingung yang terjadi secara berulang. Individu mungkin merasa kebingungan atau tidak dapat mengikuti alur pikiran dengan jelas.

3. Mengalami Rasa Gelisah yang Terus-menerus

Rasa gelisah yang berkelanjutan juga merupakan gejala umum dari gangguan mental organik. Individu mungkin merasa cemas, gelisah, atau tidak nyaman secara konstan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: