5 Jenis Tes Kesehatan Mental yang Dijamin Akurat 100 Persen

5 Jenis Tes Kesehatan Mental yang Dijamin Akurat 100 Persen

Mengenal tentang jenis-jenis tes kesehatan mental yang sudah teruji dan dijamin akurat 100 persen-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ada 5 jenis kesehatan mental yang dijamin akurat 100 persen.kesehatan mental adalah aspek penting dalam menjaga keseimbangan dan kesejahteraan hidup seseorang. Untuk memantau kesehatan mental secara teratur, tes kesehatan mental dapat menjadi alat yang berguna.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang jenis-jenis tes kesehatan mental yang dijamin akurat.

Jenis-jenis Kesehatan Mental 

Ada 5 jenis tes kesehatan mental yang dijamin akurat 100 persen. Berikut adalah beberapa contoh jenis tes kesehatan mental yang dijamin akurat:

1. Kuesioner Kesehatan Kecemasan dan Depresi (PHQ-9 dan GAD-7)

Tes ini secara khusus mengukur tingkat kecemasan dan depresi seseorang. PHQ-9 (Patient Health Questionnaire-9) membantu mengidentifikasi gejala depresi, sementara GAD-7 (Generalized Anxiety Disorder-7) mengukur tingkat kecemasan yang mungkin dialami seseorang. 

BACA JUGA:Langkah Menghindari Gangguan Kesehatan Mental dalam Proses Belajar Anak

BACA JUGA:Jenis-Jenis Gangguan Kesehatan Mental pada Lansia

Kedua kuesioner ini telah terbukti memiliki validitas dan reliabilitas yang baik dalam mengukur tingkat depresi dan kecemasan. Hasil dari PHQ-9 dan GAD-7 dapat memberikan gambaran yang berguna bagi profesional kesehatan mental untuk menentukan diagnosis dan merencanakan penanganan yang sesuai.

2. Skala Kesehatan Kesejahteraan Mental (Mental Health Continuum-Short Form, MHC-SF)

Skala Kesehatan Kesejahteraan Mental (Mental Health Continuum-Short Form, MHC-SF) adalah alat tes penilaian yang digunakan untuk mengukur kesejahteraan mental seseorang secara menyeluruh.

Berbeda dengan tes yang fokus pada gejala-gejala penyakit mental, MHC-SF bertujuan untuk menilai aspek positif dari kesehatan mental, termasuk kebahagiaan, kepuasan hidup, dan keterlibatan sosial.

MHC-SF terdiri dari 14 pertanyaan yang dirancang untuk mengukur tiga dimensi utama dari kesejahteraan mental. Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam MHC-SF, skor total dapat digunakan untuk menilai tingkat kesejahteraan mental seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: