Penerapan E-Parking di Jalan Bung Karno Purwokerto Bakal Dievaluasi di Akhir Tahun

Penerapan E-Parking di Jalan Bung Karno Purwokerto Bakal Dievaluasi di Akhir Tahun

PANTAU E-PARKIR. Petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, melakukan pemantauan penerapan E - Parkir di Jalan Bung Karno, beberapa waktu lalu.-Dinhub Banyumas untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, bakal memberikan waktu sampai akhir tahun nanti untuk melihat efektivitas penerapan E-Parkir di Jalan Bung Karno. Nantinya, uji coba itu akan dievaluasi apakah akan dipertahankan atau kembali ke sistem manual.

"Harusnya dengan E-parkir menjadi lebih efektif, karena lebih mudah dipantau dan meminimalisir kebocoran," kata Kasi Pengendalian dan Operasional Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Tomi Luqman Hakim.

Saat ini di Kabupaten Banyumas, penerapan E-Parkir baru di Jalan Bung Karno. Jika berhasil, penerapan E-Parkir akan diduplikasi di zona-zona parkir di Kabupaten Banyumas.

"Fokus kita sampai akhir tahun ini adalah mengedukasi masyarakat dan juru parkir, dengan adanya E - Parkir ini," ucapnya.

BACA JUGA:E-Parkir Disebut Bisa Dongkrak PAD Banyumas

BACA JUGA:Tingkatkan PAD, Pemkab Launching E-Parkir

Untuk Jalan Bung Karno sendiri ia sampaikan ada lima titik parkir. Mengacu data yang dipantau via aplikasi ia menuturkan, setiap malam rata-rata ada 100 kendaraan yang terinput.

"Kalau malam Sabtu dan Minggu, lebih ramai lagi. Bisa di atas 200 kendaraan satu titiknya," paparnya.

Penerapan E - Parkir ia katakan, menjadi salah satu cara dalam mengoptimalkan potensi pendapatan daerah melalui sektor parkir.

"Lumayan sudah tertib. Kendala pas lagi ramai alatnya cuma satu, yang parkir banyak," ujarnya.

BACA JUGA:Setoran Pengelolaan Parkir Pasar Ajibarang Capai Rp 30 Juta Per Bulan

BACA JUGA:Parkir Pasar Wangon Dikelola BUMDes Banteran

Tahun ini untuk target pendapatan daerah melalui sektor parkir ditarget Rp 1,5 miliar. Pihaknya berharap dengan adanya E-Parkir bisa, menjadi sarana untuk mengejar target tersebut.

"Kemarin ada yang menawarkan sistem E-Parkir dengan sistem yang lebih baik, tapi kita akan kaji terlebih dahulu," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: