PIB Unsoed: Bangkitkan Semangat Kewirausahaan Pemuda, Gelar Kuliah Umum Penumbuhan Minat

PIB Unsoed: Bangkitkan Semangat Kewirausahaan Pemuda, Gelar Kuliah Umum Penumbuhan Minat

Deputi Bisnis PT Pegadaian Kantor Area Purwokerto, M Aries Aviani Nugroho saat menyampaikan materi pada mahasiswa dan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP), Senin (26/9) di Ruang Kresna Hotel Aston Imperium Purwokerto.-LAILY MEDIA/RADARMAS-

Dengan Pegadaian juga pernah melakukan kolaborasi pada 2012, untuk membina wirausaha muda dan mandiri dari level SMK, mahasiswa, dan umum. Saat itu Pegadaian memberi dana Rp 500 juta berupa peralatan yang dibutuhkan, Rp 200 juta untuk kegiatan bantuan operasional.

Sementara itu, Aries menambahkan, agar generasi muda tidak berhenti berusaha. Sebab tidak tagu usaha ke berapa yang akan menuai kesuksesan. Menurutnya, wirausaha itu action. Untuk membangun ekosistem wirausaha mandiri, Pegadaian beri kesempatan magang pada mahasiswa di kantor Pegadaian.

"Kantor kami di Jawa Tengah ada 64 outlet di sembilan kabupaten," kata Aries.

Program magang yang diberi judul Magang Generasi Emas Bertalenta (Magenta) ini, bertujuan agar mahasiswa nantinya bisa membuka lapangan kerja. Mahasiswa yang magang di pegadaian akan diberi penugasan project dan harus goal. Pegadaian memberi bantuan berupa perhatian dan anggaran.

Acara ditutup dengan penguatan oleh Rektor Universitas Jenderal Soedirman, prof Dr Ir Akhmad Sodiq, M Sc. Dalam penguatannya, Rektor Unsoed menyampaikan bahwa ada enam kompetensi yang harus dimiliki dalam memulai usaha atau berwirausaha, agar dapat memenangkan persaingan di era 5.0 yaitu critical thinking, creativity, communication, collaboration, computation logic, compassion (6C).

Sodiq menambahkan, ada tiga kunci mengembangkan usaha meliputi bangun kelembagaan yang solid, faslitasi IPTEK, dan fasilitasi aspek pembiayaan. (rdr/ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: