Hijaber's Community Purwokerto, Bantu Bedah Rumah Warga Kurang Mampu

Hijaber's Community Purwokerto, Bantu Bedah Rumah Warga Kurang Mampu

Anggota Hijaber's Community Purwokerto saat menyerahkan bantuan perlengkapan rumah ke bapak Supriyono (2/8/2023). Selain merenovasi kediaman bapak Supri, Komunitas Hijaber Purwokerto juga memberikan perlengkapan atau perabot rumah.-DIMAS PRABOWO/RADAR BANYUMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Hijaber's Community Purwokerto, punya cara tersendiri dalam berbagi dan membantu sesama. Teranyar, komunitas tersebut memberikan bantuan Bedah Rumah Keluarga Adik Juliva yang berada di RT 06 RW 01 Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan.

"Jadi, kami mendapat berita dari warga, ada rumah yang tidak layak huni dan dipakai oleh sembilan orang. Setelah para hijabers upload foto kondisi rumah kita tersentuh, kemudian kita galang dana. Terus alhamdulillah dari hijabers semua, merespons baik," kata Ketua Hijaber's Community Purwokerto Dani Murwanti, AMK.

Ia menuturkan, kepedulian komunitas hijaber's sangatlah tinggi. Donasi yang diberikan juga beragam mulai dari material bangunan seperti semen, pasir, besi, hingga kebutuhan sanitasi sehat di dalam rumah juga turut dipenuhi.

"Ini bedah rumah yang kelima dari hijabers, Ini sudah serah terima.  Bukan hanya rumah saja yang tercover, meja, kursi, kasur, bantal, lemari, karpet, rak gerabah, kompor gas, dan perlatan masak, sprei, handuk tempat sampah. Harapannya keluarga menjadi nyaman, dan punya rumah yang layak dihuni dan sehat seterusnya," ucapnya.

Disisi lain, Konsultan Bidang Kesehatan Hijaber's Community Purwokerto  dr. Rochmawati I Sp Rad (K) PRP mengatakan, setelah dilakukan bedah rumah kondisi rumah dari sisi kesehatan sudah representatif. Hal itu tidak terlepas dari penambahan fasilitas seperti MCK, ventilasi rumah yang ideal, hingga pencahayaan yang optimal.

"Hijaber's Purwokerto, sudah menyerahkan satu buah bangunan rumah kepada keluarga Bapak supri. Rumah yang sehat didalamnya lantai sudah terplester dengan baik, sudah terdapat MCK, ventilasi sudah baik jendela sudah ada tiga. Diharapkan udara bisa mengalir dengan lancar dan juga cahaya matahari bisa masuk, jadi rumah ini sudah memenuhi kriteria rumah sehat," katanya saat penyerahan secara simbolis bantuan bedah rumah, Senin (7/8).

Dalam acara serah terima tersebut juga dilakukan potong tumpeng dan pengguntingan pita sebagai simbolis selesainya proses bedah rumah. Sebagai bentuk syukur juga diisi tausiyah   oleh Hj. Ida Munawwaroh Mukhson S.Ag Penasehat Hijaber's Purwokerto yang menyampaikan, materi terkait pentingnya berbagi kepada sesama.

"Harta yang kita punyai itu harus kita sucikan, dengan cara beramal dan berbagi kepada sesama," paparnya.

Sementara itu, penerima bantuan bedah rumah Supriyono (58), yang merupakan kakek dari Adik Juliva, mengatakan untuk kondisi rumahnya sebelumnya tidak mempunyai fasilitas sanitasi. Bahkan, secara tampilan bangunan masih perlu banyak perbaikan.

"Awal kondisi rumah, tidak layak. Atapnya pakai papan. Lantai masih biasa plesteran. Alhamdulillah sekali, terima kasih kepada hijaber's community. Semoga bermanfaat dan berkah," pungkasnya. (aam/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: