Waspada! Ini 6 Gangguan Kesehatan Mental yang Disebabkan Karena Kurang Tidur

Waspada! Ini 6 Gangguan Kesehatan Mental yang Disebabkan Karena Kurang Tidur

Gangguan Kesehatan Mental yang Disebabkan Karena Kurang Tidur-Inc Magazine-

5. Gangguan Bipolar

Meskipun bukti penelitian yang cukup belum tersedia, ada dugaan bahwa kurang tidur dapat terkait dengan peningkatan risiko gangguan bipolar, terutama dalam fase mania.

Mania merupakan kondisi di mana seseorang mengalami tingkat kegembiraan yang sangat tinggi. Ketika berada dalam fase mania, seseorang cenderung membuat keputusan impulsif yang tidak masuk akal.

Setelah melewati fase mania, individu yang mengidap gangguan bipolar akan mengalami fase depresi. Kurangnya tidur dapat memperburuk gejala yang dialami penderita bipolar selama fase ini.

6. Memperburuk Gejala ADHD

Gangguan perkembangan yang dikenal sebagai Attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD) menyebabkan seseorang sulit untuk berkonsentrasi dan cenderung melakukan tindakan impulsif.

BACA JUGA:Pengertian serta Gejala Gangguan Kesehatan Mental ADHD

BACA JUGA:8 Tips Parenting untuk Anak ADHD, Orang Tua Rawan Stres

Di sisi lain, kekurangan tidur dapat mengakibatkan kerusakan pada otak yang dapat mengurangi kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi. Faktor ini dapat memperparah gejala ADHD. 

Oleh karena itu, menjaga waktu tidur yang mencukupi dan berkualitas sangatlah penting. Apabila Anda mengalami gangguan kesehatan mental yang disebabkan karena kurang tidur tersebut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter tanpa ragu.(amp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: