Waspada! Ini 6 Gangguan Kesehatan Mental yang Disebabkan Karena Kurang Tidur

Waspada! Ini 6 Gangguan Kesehatan Mental yang Disebabkan Karena Kurang Tidur

Gangguan Kesehatan Mental yang Disebabkan Karena Kurang Tidur-Inc Magazine-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gangguan kesehatan mental yang disebabkan karena kurang tidur dapat mencakup berbagai masalah, mulai dari kecemasan, depresi hingga gangguan bipolar.

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Sleep Medicine mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko seseorang terkena gangguan kesehatan mental hingga 2,5 kali lipat. 

Partisipan penelitian melaporkan tidur kurang dari enam jam setiap hari selama dua minggu berturut-turut. Diantara berbagai jenis gangguan kesehatan mental, beberapa yang sering ditemukan pada individu yang kurang tidur atau sering begadang.

1. Depresi

Salah satu hal serius akibat kurang tidur bagi kesehatan mental adalah bisa membuat depresi seseorang semakin parah. Menurut informasi dari Johns Hopkins Medicine, saat seseorang mengalami depresi, sulit baginya untuk bisa tidur dengan cukup.

BACA JUGA:Makanan untuk Membantu Atasi Gejala Gangguan Kesehatan Mental OCD

BACA JUGA:Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami Ibu Tunggal

Selain itu, depresi juga bisa mengubah cara seseorang merasakan emosi. Biasanya, hal ini membuat seseorang lebih sering merasa sedih dan kehilangan minat untuk melakukan hal-hal sehari-hari, termasuk tidur.

Jadi, jika seseorang sudah terbiasa tidur kurang dan kemudian mengalami gejala depresi, bisa jadi waktu tidurnya semakin berkurang dari sebelumnya. Hal ini pada akhirnya dapat membuat kondisi mentalnya semakin memburuk.

2. Gangguan Kecemasan

Risiko kecemasan karena kurang tidur telah diketahui dapat memengaruhi kemampuan berpikir yang jernih karena kelelahan yang ditimbulkannya. Ketika seseorang merasa lelah, otaknya cenderung terbawa pada pola pikir yang negatif, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk mengalami pemikiran yang pesimis dalam berbagai situasi.

Sebaliknya, individu yang mengalami kecemasan cenderung terjebak dalam pemikiran negatif sebelum tidur, yang kemudian membuat mereka kesulitan untuk tertidur. Dengan demikian, tidak hanya gangguan tidur yang meningkatkan risiko kecemasan, tetapi juga kecemasan itu sendiri dapat menjadi faktor yang menyulitkan seseorang untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

BACA JUGA:Apa Itu OCD ? Inilah Penjelasan Lengkap Tentang Gangguan Kesehatan Mental OCD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: