Waspada! Ini 6 Gangguan Kesehatan Mental yang Disebabkan Karena Kurang Tidur

Waspada! Ini 6 Gangguan Kesehatan Mental yang Disebabkan Karena Kurang Tidur

Gangguan Kesehatan Mental yang Disebabkan Karena Kurang Tidur-Inc Magazine-

BACA JUGA:Mengetahui Jenis Gangguan Kesehatan Mental Pada Anak, Mengenali Tanda-tanda dan Pengelolaannya

3. Stress

Stress juga menjadi salah satu gangguan kesehatan mental yang disebabkan karena kurang tidur. 

Hubungan antara tidur dan stres sangat erat. Kurangnya waktu tidur dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, yang merupakan salah satu pemicu terjadinya stres.

Selain itu, kurang tidur juga dapat mengganggu kemampuan Anda untuk berkonsentrasi, membuat keputusan, dan mengingat informasi dengan baik. Hal-hal ini dapat menyebabkan perasaan frustrasi yang merupakan salah satu gejala dari stres.

Ketika Anda kurang tidur, aktivitas sistem saraf simpatis dalam tubuh meningkat. Sistem ini bertanggung jawab dalam merespons situasi yang menimbulkan stres dengan respons "berhadapan atau melarikan diri".

BACA JUGA:Mengenal Anxiety Disorder, Gangguan Kesehatan Mental yang Seringkali Menyerang Kaum Gen Z

BACA JUGA:5 Karakter Winnie The Pooh, yang Menggambarkan Penyakit Gangguan Mental

Ketika Anda kurang tidur, tubuh dan otak Anda menjadi lebih sensitif terhadap berbagai situasi yang dapat memicu stres. Hal ini dapat memperburuk kondisi stres yang Anda alami.

4. Gangguan Suasana Hati

Salah satu konsekuensi dari kurang tidur adalah peningkatan aktivitas amigdala, yang merupakan bagian penting dari otak yang mengatur emosi dan perilaku agresif. Efek ini dapat membuat seseorang menjadi lebih sensitif terhadap emosi negatif seperti ketakutan, kecemasan, dan kemarahan.

Akibatnya, seseorang bisa menjadi lebih rentan terhadap reaksi yang berlebihan atau perilaku agresif terhadap hal-hal yang seharusnya tidak menjadi perhatian jika mereka memiliki waktu tidur yang cukup.

Tidak hanya itu, karena amigdala juga berperan dalam fungsi memori, gangguan suasana hati yang disebabkan oleh kurang tidur seringkali dapat menyebabkan gangguan pada kemampuan seseorang untuk mengingat hal-hal yang penting.

BACA JUGA:Penyebab Utama Gangguan Kesehatan Mental, Mengungkap Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesejahteraan Mental Anda

BACA JUGA:Komplikasi Gangguan Kesehatan Mental Bisa Sebabkan Anti Sosial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: