Apa Itu Kesehatan Mental, Bagaimana Gejala dan Penyebabnya?

Apa Itu Kesehatan Mental, Bagaimana Gejala dan Penyebabnya?

Apa Itu Kesehatan Mental-Banyan Mental Health-

BACA JUGA:Mengenal Penyebab Gangguan Kesehatan Mental pada Lansia serta Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Mengetahui Penyebab Munculnya Gangguan Kesehatan Mental

Meskipun tidak semua orang dengan riwayat keluarga yang sama akan mengalami gangguan kesehatan mental, namun faktor genetik tetap menjadi pertimbangan penting dalam menilai risiko.

2. Stres dan Trauma

Pengalaman traumatis atau stres yang berkepanjangan juga menjadi penyebab umum dari gangguan kesehatan mental. 

Trauma emosional seperti kehilangan yang signifikan, kekerasan fisik atau seksual, atau peristiwa traumatis lainnya dapat memicu perkembangan gangguan seperti gangguan stres pasca trauma (PTSD), gangguan kecemasan, atau depresi. 

3. Gangguan Kesehatan Fisik

Tidak hanya memengaruhi tubuh secara fisik, kondisi kesehatan tertentu juga dapat berdampak pada kesehatan mental seseorang. Gangguan hormonal seperti gangguan tiroid atau menopause, serta kondisi neurologis seperti penyakit Alzheimer atau Parkinson, dapat mempengaruhi fungsi otak dan emosi seseorang. 

BACA JUGA:Mengenal Gangguan Kecemasan Umum: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:15 Penyebab Gangguan Kesehatan Mental Pada Remaja

4. Faktor Lingkungan

Lingkungan sosial, budaya, dan ekonomi juga memiliki peran yang signifikan dalam perkembangan gangguan kesehatan mental seseorang. Misalnya, lingkungan yang kurang mendukung, seperti kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan, atau konflik keluarga, dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan mental. 

Selain itu, tekanan dari masalah ekonomi, diskriminasi, atau isolasi sosial juga dapat memperburuk kondisi kesehatan mental seseorang.

5. Penggunaan Zat Terlarang 

Penyalahgunaan alkohol, obat-obatan terlarang, atau zat adiktif lainnya merupakan faktor risiko yang signifikan dalam perkembangan gangguan kesehatan mental. Penggunaan zat dapat menyebabkan perubahan kimia dalam otak yang mempengaruhi suasana hati, persepsi, dan perilaku seseorang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: