Kisah Heroik Petugas Pemilu Desa Sunyalangu Karanglewas Banyumas, Lewati Medan Sulit Antarkan Logistik Pemilu

Kisah Heroik Petugas Pemilu Desa Sunyalangu Karanglewas Banyumas, Lewati Medan Sulit Antarkan Logistik Pemilu

PEJUANG PEMILU: Linmas, Babinsa dan Babinkamtibmas membawa logistik Pemilu ke TPS terpencil Dusun Cibun, Desa Sunyalangu, Karanglewas, Selasa (13/2/2024).-Dimas Prabowo/Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Karanglewas, bersama Forkompincam Karanglewas dan PPS Desa Sunyalangu, melakukan distribusi ke TPS 16 Dusun Cibun, Desa Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas, Banyumas, pada Selasa (13/2/2024).

Dusun terpencil yang hanya memiliki akses melalui jembatan gantung sepanjang 50 meter ini memiliki geografis yang masuk dalam daerah rawan bencana angin puting beliung dan longsor. Dusun ini memiliki satu TPS dengan jumlah pemilih sebanyak 210 orang.

Distribusi logistik dilakukan H-1 sebelum pencoblosan di TPS 16 Dusun Cibun yang dipimpin dan diawasi langsung oleh Pejabat Kecamatan, Camat, Kapolsek, dan Danramil serta Panwascam. Meskipun medan menuju lokasi cukup menantang, distribusi berjalan lancar.

Sekitar pukul 10.30 logistik Pemilu tiba di sisi timur Dusun Cibun, sebelum jembatan gantung, diangkut menggunakan kendaraan bak terbuka dan dikawal oleh Panwas serta Babinsa dan Babinkamtibmas.

BACA JUGA:Distribusi Logistik Ditarget Hari Ini Rampung 100 Persen

BACA JUGA:Rawan, Bawaslu Minta Kemanan Penyimpanan Logistik Pemilu di Kecamatan dan Desa Diperhatikan

Setelah itu, Petugas TPS dan Linmas membawa logistik dari kendaraan bak terbuka dengan menggendong kotak suara dan bilik suara. Kemudian berjalan kaki sekitar setengah kilometer dari jembatan hingga ke lokasi TPS 16 yang bertempat di SDN Cibun.

Hal itu dilakukan karena medan yang sulit. Jalan yang menanjak dengan kemiringan hampir 45 derajat, dan harus melalui jembatan gantung hanya bisa dilalui oleh satu sepeda motor.

"Meskipun akses menuju Dusun Cibun bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, membawa kotak suara atau logistik dengan motor bisa berisiko kehilangan keseimbangan dan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan," jelas Saeful Aries, PPS Desa Sunyalangu.

"Kami (Forkompincam) turut memantau distribusi logistik Pemilu di Dusun Cibun karena medan menuju Dusun ini cukup ekstrem, dengan jalan menanjak dan akses yang hanya bisa dilalui oleh jalan kaki dan sepeda motor," ujar Kapolsek Karanglewas, AKP Sutardiyana, S.H.

BACA JUGA:Logistik Pemilu 2024 Paling Lambat H-1 Tiba di TPS

BACA JUGA:Longsor di Desa Sirau, Distribusi Logistik Pemilu 2024 Terancam Terhambat

Sementara itu, KPU Banyumas menargetkan penyaluran logistik pemilu, seperti kotak dan surat suara, bilik suara, dan lainnya, dari tingkat Desa (PPS) ke setiap TPS selesai pada H -1 pencoblosan, yaitu pada Selasa (13/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: