Hadapi Pilkada Pada November Mendatang, KPU Banjarnegara Segera Rekrut PPK dan PPS

Hadapi Pilkada Pada November Mendatang, KPU Banjarnegara Segera Rekrut PPK dan PPS

Warga desa Cendana saat mengikuti simulasi pemungutan suara yang digelas oleh KPU Banjarnegara. -PUJUD/RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjarnegara mulai membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Pengumuman tersebut dapat dilihat pada akun medsos instagram dengan nama kpu_banjarnegara.

Ketua KPU Banjarnegara M Syarif SW mengatakan, setelah KPU RI secara resmi meluncurkan tahapan Pilkada Serentak 2024 di Candi Prambanan pada Minggu (31/3/2024) lalu, maka KPU di daerah sudah mulai melakukan persiapan.

Salah satunya adalah KPU Kabupaten Banjarnegara yang sudah melakukan tahapan persiapan, dan dalam waktu dekat akan melakukan rekrutmen badan adhoc penyelenggara Pilkada Serentak 2024. Beberapa tahapan pilkada serentak lainnya juga langsung dipersiapkan sesuai dengan petunjuk dan intruksi KPU RI.

Untuk tahapan persiapan Pilkada Serentak 2024 di antaranya meliputi perencanaan program dan anggaran, penyusunan peraturan penyelenggaraan pemilihan, pembentukan badan adhoc  penyelenggara pilkada yakni PPK, PPS dan KPPS serta persiapan lainnya,’’ ujarnya.

BACA JUGA:Tahun 2024 Usia Calon Jemaah Haji Asal Banjarnegara Rata-rata Lebih Muda dari Tahun Sebelumnya

BACA JUGA:Popda Wushu Tingkat Kabupaten Diikuti 108 Atlet Pelajar Banjarnegara

Dalam waktu dekat, katanya, akan dilakukan pembentukan badan adhoc penyelenggara Pilkada Serentak 2024 yakni PPK dan PPS. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan bertugas di tingkat kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan bertugas di tingkat desa/kelurahan.

"Kami sudah melakukan persiapan tahapan pembentukan PPK dan PPS untuk Pilkada Serentak 2024. Bahkan sosialisasi awal sudah kami sampaikan melalui akun media sosial resmi KPU Kabupaten Banjarnegara. Tujuannya agar partisipasi masyarakat sebagai penyelenggara tinggi," imbuhnya, Selasa (23/4/2024).

Melihat dari pemilu legislatif dan presiden 2024 lalu, partisipasi masyarakat sebagai pemilih di Kabupaten Banjarnegara terbilang tinggi, bahkan meningkat signifikan dibandingkan sebelumnya.

"Partisipasi Pemilih Pemilu Serentak 2024 di Kabupaten Banjarnegara meningkat signifikan. Dari sebelumnya 76,1 persen pada Pemilu Serentak 2019, kini 79,8 persen untuk pileg dan 79,9 persen untuk pilpres," kata Syarif merinci.

Meningkatnya partisipasi tersebut tidak lepas dari gencarnya sosialisasi dan pendidikan pemilih yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Banjarnegara selama tahapan Pemilu Serentak 2024.

Selain itu juga peran pemerintah daerah sampai tingkat desa/kelurahan, komunitas, serta peserta pemilu dalam melakukan sosialisasi serta pendidikan politik kepada masyarakat.

Syarif mengemukakan, antusiasme masyarakat yang ingin bergabung sebagai penyelenggara teknis pemilu maupun pemilihan di bawah koordinasi KPU selama ini terhitung tinggi. Oleh karena itu mereka harus mempersiapkan diri dengan baik.

Tahapan seleksi akan dimulai dengan pengumuman pendaftaran calon anggota PPK pada 23-27 April 2024. Kemudian penerimaan pendaftaran mulai 23-29 April 2024. Untuk jadwal lengkapnya bisa dilihat di media sosial KPU Kabupaten Banjarnegara. (jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: