Bawaslu Kabupaten Purbalingga Temukan 87 Surat Suara Rusak Pada Hari Pertama Sorlip

Bawaslu Kabupaten Purbalingga Temukan 87 Surat Suara Rusak Pada Hari Pertama Sorlip

Bawaslu Kabupaten Purbalingga tengah mengawasi proses sorlip di Gudang Logistik KPU Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purbalingga menemukan 87 lembar surat suara Pemilu 2024, yang rusak.

Puluhan suara rusak tersebut, ditemukan dalam pengawan sortir dan pelipatan (sorlip) surat suara di Gudang Logistik KPU Purbalingga, di Bukateja, Minggu, 17 Desember 2023.

Ketua Bawaslu Kabupaten Purbalingga Misrad mengatakan, kerusakan surat suara yang ditemukan adalah bercak tinta di surat suara.

"Ada surat suara yang ditemukan bercak tinta di nama caleg (calon anggota legislatif, red). Serta, sejumlah kerusakan lainnya," katanya kepada Radarmas, Senin, 18 Desember 2023.

BACA JUGA:Logistik Pemilu Tinggal Surat Suara

BACA JUGA:Bawaslu Ingatkan Cadangan Surat Suara untuk Kemungkinan PSU

Dia menjelaskan, pada kegiatan sorlip hari pertama, tim dari KPU Kabupaten Purbalingga, jumlah surat suara yang terpakai sebanyak 56.370 lembar.

Ditemukan surat suara yang rusak sebanyak 87 lembar.  "Ada satu surat suara lebih pada satu kardus. Sehingga, berjumlah 501 lembar. Namun, lebihan satu surat suara tersebut dinyatakan rusak," jelasnya.

Bawaslu tidak menemukan surat suara salah atau tertukar. Kordinator Divisi SDMO Bawaslu Kabupaten Purbalingga Mukhmmad Wakhiddin memberikan masukan adanya satu titik noda tinta warna merah.

Noda tinta tersebut berada di dalam kotak surat suara di salah satu kotak partai politik, yakni Partai Buruh untuk dipisah.

BACA JUGA:Disetujui Parpol, Bawaslu Purbalingga Tak Temukan Pelanggaran Persetujuan Surat Suara

Namun, setelah KPU Kabupaten Purbalingga berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Tengah. Hal tersebut tidak menjadi masalah.

"Berdasarkan koordinasi selama masih berada didalam kotak tidak apa-apa. Kertas surat suara masih bisa digunakan/dipakai.

Diketahui, hampir keseluruhan surat suara ada bercak berupa tinta berwarna merah di dalam salah satu kardus. Terdapat di dalam surat suara pada Partai Buruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: