Sejarah dan Resep Kerak Telor, Makanan Betawi Paling Kesohor yang Wajib Dicoba!

Sejarah dan Resep Kerak Telor, Makanan Betawi Paling Kesohor yang Wajib Dicoba!

Resep dan sejarah kerak telor khas Betawi.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Siapa disini yang tidak mengenal Kerak Telor ? Kuliner asli Betawi yang satu ini sering kali muncul saat perayaan besar di Ibukota, seperti saat HUT Kota Jakarta.

Menurut sejarah, Kerak Telor sudah ada sejak dari jaman kolonial Belanda. Pada tahun 1920-an masyarakat Betawi secara tidak sengaja meciptakan kerak telor yang ternyata makanan ini cukup digemari oleh banyak sekali masyarakat Betawi.

Makanan Betawi paling kesohor yang wajib kamu coba ini terbuat dari bahan dasar beras ketan putih, telur ayam dan ebi. Memang makanan ini sulit ditemukan diluar Jakarta, namun di semenjak ada artikel ini kamu bisa mengolahnya di dapur sendiri. 

Resep Kerak Telor sederhana dibawah ini bisa langsung kamu coba di rumah. Jadi tidak perlu menunggu ke Jakarta dan menunggu Pekan Raya Jakarta (PRJ) digelar.

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Nagasari, Kue Tradisional Berbahan Dasar Pisang

BACA JUGA:Cara dan Resep Mudah Bikin Combro Sendiri di Rumah

Resep Kerak Telor

Bahan Utama :

- Beras ketan 200 gr (sudah direndam semalaman)

- Air 150 ml

- Telur bebek 4 butir

- Ebi 50 gr (sudah di sangrai dan haluskan)

- Bawang merah goreng 4 sdm

- Garam 1 sdt

BACA JUGA:Ngopi Sambil Lihat Kereta, Inilah Keistimewaan dari Warung Kopi Sepuran

BACA JUGA:Enaknya Bakso Pekih, Bakso Legend Purwokerto yang Harus Kamu Cobain

Bahan Serundeng:

- Minyak kelapa 2 sdm

- Gula merah 20 gr (sisir halus)

- Air asam jawa (1 sdm)

- Kelapa parut setengah tua 100 gr

Bahan Bumbu :

- Cabai merah keriting 4 buah

- Kencur 4 cm

- Jaeh 2 cm

- Garam 1 sdt

- Merica putih bubuk 1 sdt

- Haluskan semua

BACA JUGA:Menggoda Selera, Inilah Resep Tahu Gecot Khas Banyumas yang Lezat

BACA JUGA:Soto Sokaraja: Sejarah, Resep, dan Cara Membuatnya

Pelengkap:

- Bawang merah goreng

- Serundeng

Cara membuat:

1. Panaskan minyak kelapa, tumis bumbu halus hingga harum lalu kemudian tambahkan dengan gula merah dan asam jawa, masak sambil diaduk rata. 

2. Masukkan kelapa, aduk cepat hingga rata. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga kelapa mengering, kemudian angkat dan sisihkan.

BACA JUGA:Resep Seblak Enak, Makanan Khas Sunda yang Selalu Menarik untuk Dikonsumsi

BACA JUGA:Tradisi Baritan di Gerumbul Soka Sumpiuh, Pucuk Tumpeng Disedekahkan

3. Panaskan wajan aluminium diameter 25 cm di atas api sedang. Masukkan beras ketan dan air sebanyam 4 sdm lalu masak hingga beras setengah lunak dan cairan hampir habis.

4. Masukkan 1 butir telur bebek, 2 sdm serundeng, 2 sdt ebi sangrai, 1 sdm bawang merah goreng, dan ¼ sdt garam, aduk rata hingga menjadi adonan kental. Ratakan adonan hingga berdiameter 18 cm. Masak kembali hingga matang namun cukup dengan api kecil. 

5. Balikkan wajan sehingga adonan menghadap langsung ke api untuk mematangkan bagian permukaan atas. Angkat. Sajikan segera dengan taburan pelengkap.

Kudapan kerak telor yang enak untuk disantap selagi hangat ini memang memiliki bentuk yang mirip dengan omelette atau telur dadar. 

Melansir dari berbagai sumber, semua ini berawal dari warga Belanda yang terbiasa mengonsumsi omelette mi, naun tiba-tiba mereka menginginkan makanan yang lebih sehat, sekelompok masyarakat Betawi Menteng kemudian berinisiatif mengganti mi dengan beras ketan. 

Sekedar informasi, penggunaan dua jenis telur dalam pembuatan kerak telor juga ternyata memiliki arti tersendiri, dimana telur bebek digunakan untuk menghasilkan cita rasa yang lebih gurih, sedangkan telur ayam juga diperlukan agar tekstur kerak telor tidak terlalu kering. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: