Cara dan Resep Mudah Bikin Combro Sendiri di Rumah

Cara dan Resep Mudah Bikin Combro Sendiri di Rumah

Cara dan resep yang mudah kamu tiru untuk bikin combro sendiri di rumah.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Oncom di jero atau yang biasa kita kenal dengan comro ini memiliki arti "oncom di bagian dalam" dalam bahasa Indonesia. Combro adalah camilan khas Jawa Barat yang terbuat dari singkong yang pulen dan gurih lalu diberi isian oncom yang berbumbu pedas.

Oncom sendiri dibuat dari fermentasi ampas tahu yang memiliki rasa gurih, kemudian diaduk dengan bumbu cabe dan kemangi. Aroma dan rasanya tidak diragukan lagi tentu saja sedap, apalagi jika ditambah irisan cabe rawit akan semakin menyengat dan enak rasanya.

Selain enak, combro juga mudah dijumpai dimana saja, tidak hanya di Jawa Barat. Namun kalau kamu mau membuat combro sendiri, kamu bisa memilih singkong yang bagus kualitasnya san untuk isian oncomnya bisa disesuaikan dengan selera pedasmu. 

Membuatnya juga mudah, berikut cara resep mudah bikin combro sendiri di rumah, kamu tinggal ikuti saja petunjuk di bawah ini.

BACA JUGA:Enaknya Bakso Pekih, Bakso Legend Purwokerto yang Harus Kamu Cobain

BACA JUGA:Getuk Goreng Sokaraja, Makanan Khas Banyumas yang Selalu Jadi Oleh-oleh Favorit para Wisatawan

Resep Bahan Combro:

500 gr ubi kayu atau singkong, kemudian kupas dan parut

2 sendok teh garam

Resep Bahan Isi Combro:

200 gr oncom yang sudah dicuci dan dihaluskan

1 batang seledri yang sudah diiris halus

3 sendok makan minyak untuk menumis

BACA JUGA:Makanan Ringan Lanting Asal Kebumen yang Disukai Banyak Orang

BACA JUGA:Resep Seblak Enak, Makanan Khas Sunda yang Selalu Menarik untuk Dikonsumsi

Resep Bumbu Combro:

4 buah cabai rawit

2 buah cabai merah

2 buah bawang putih

4 buah bawang merah

Garam sesuai selera

Gula sesuai selera

Kemudian haluskan semua bahan

Cara Membuat Isian Combro :

Pertama, tumis bumbu halus sampai matang dan harum. Kemudian masukkan oncom, aduk, beri 100 ml air. Masak sampai matang dan air habis, setelah itu masukkan seledri, aduk sampai layu, kemudian angkat dan dinginkan.

BACA JUGA:Sejarah Lengkap Mendoan, Makanan Khas Banyumas Berbahan Dasar Tempe

BACA JUGA:Soto Sokaraja, Makanan Khas Banyumas yang Selalu Jadi Idaman

Cara Membuat Combro :

Langkah untuk membuat combro slanjutnya, campur ubi kayu parut dan garam. Lalu ambil 1-2 sendok makan adonan untuk dibulatkan, tipiskan, dan beri 1/2 sendok makan adonan di tengahnya, tutup kembali, lalu bentuk menjadi bulat telur ataupun lonjong.

Setelah semua dibentuk bisa langsung digoreng dengan api sedang hingga matang kecoklatan, tiriskan. Hidangkan selagi hangat dan empuk.

Kunci sukses bikin combro sendiri di rumah agar tidak keras dan empuk adalah tambahan kelapa parut ke dalam campuran singkong dan juga memilih singkong yang sebagian kulitnya terkelupas sehingga kamu bisa melihat bagian kulit arinya. 

Pilihlah kulit ari yang berwarna merah muda, karna itu menandakan singkong yang empuk dan baik untuk diolah. Kemudian saat singkong dipotong, warna putih yang merata menandakan singkong masih muda dan empuk.

BACA JUGA:Nasi Nyangku Makanan Khas Banyumas Autentik dari Kaki Gunung Slamet, Wajib Dicoba

BACA JUGA:Nikmatnya Nasi Penggel, Makanan Khas Kabupaten Kebumen yang Legendaris, Wajib Kamu Coba!

Itulah tadi cara dan resep mudah bikin combro sendiri di rumah, bagaimana mudah bukan ? Walaupun jaman sekarang masih ada banyak orang yang beranggapan bahwa makanan tradisional dan bersifat kedaerahan kalah dengan makanan yang modern dan trendi. 

Bahkan ada beberapa yang bilang makanan tradisional itu kuno, jadul, tidak enak dan hanya untuk konsumsi kalangan orang tua. Namun hal tersebut tentu saja tidak tepat.

Contohnya combro, perlu kamu ketahui bahwa makanan khas daerah yang bersifat tradisional seperti combro ini memiliki citarasa yang mewah, memiliki gizi yang tinggi, sehat, dan juga pastinya lezat untuk orang Indonesia. 

Itulah mengapa kamu harus tetap mencintai produk lokal karena Indonesia memiliki karakter citarasa yang begitu kuat. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: