Abrasi Makin Parah, 257 Bronjong Sabut Kelapa Dipasang di Pantai Sidayu Indah

Abrasi Makin Parah, 257 Bronjong Sabut Kelapa Dipasang di Pantai Sidayu Indah

Kerjabakti pemasangan Bronjong sabut kelapa di Pantai Sidayu Indah Binangun-Rayka Diah Setianingrum/Radar Banyumas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Abrasi di sepanjang pesisir Pantai selatan Cilacap kian hari semakin parah. Pemerintah Kabupaten Cilacap pun melakukan segala upaya untuk penanganan abrasi pantai tersebut. 

Di tahun 2023 ini, penanganan abrasi pantai melalui dana APBD Kabupaten Cilacap, dialokasikan di Pantai Sidayu Indah, Kecamatan Binangun dengan memasang 257 bronjong sabut kelapa di sepanjang 87 meter bibir pantai. 

Pemasangan yang dilakukan pada Jumat (7 Juli 2023), mengajak seluruh unsur pentahelix untuk terlibat. Seperti Forkomipda, Forkopimcam, dunia usaha, relawan, masyarakat Desa Sidayu, dan para pedagang di Pantai Sidayu Indah. 

BACA JUGA:Adipala Usung Wisata Berbasis Budaya

"Hari ini kita sudah melakukan pemasangan bronjong sabut kelapa di Pantai Sidayu Indah. Kurang lebih 1,5 jam, 257 buah bronjong bisa terpasangkan karena gotong royong dari pentahelix," kata Kalak BPBD Cilacap, Erna Suharyati. 

Erna mengatakan, Pantai Sidayu Indah memiliki tingkat bencana abrasi dan tsunami cukup tinggi. Bahkan saat ini, abrasi yang terjadi di pantai ini sudah parah. Sehingga pemasangan bronjong sabut kelapa urgensi untuk dilakukan. 

"Kita memasang bronjong di bibir Pantai Sidayu tujuannya untuk mitigasi struktural penanganan abrasi pantai. Karena Sidayu juga rentan tsunami. Bahkan saat tadi saya lihat, kalau terjadi abrasi ini sampai ke warung-warung pedagang. Kalau tidak dipasang bronjong segera, kasihan masyarakat akan terkena dampaknya," jelas Erna. 

BACA JUGA:Semakin Dekat, Layanan LKPM Bisa Dilakukan di Tiap Kecamatan Bagi Pelaku Usaha

Selain itu, bronjong sabut kelapa tersebut, juga memanfaatkan produksi UMKM lokal Cilacap yakni di wilayah Kecamatan Kroya. Sehingga dapat bertujuan untuk memberdayakan kreativitas usaha masyarakat Kabupaten Cilacap. 

Erna menambahkan, abrasi pantai juga terjadi di sepanjang Pantai Teluk Penyu Cilacap hingga PLTU Karangkandri. Namun demikian, untuk penanganan di wilayah tersebut akan dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak dengan membuat tanggul. 

"Tahun depan kita akan anggarkan lagi dari APBD Cilacap untuk pemasangan bronjong sabut kelapa untuk wilayah rawan bencana abrasi dan tsunami. Untuk tahun depan juga dari BBWS akan dibangun tanggul di sepanjang Pantai Teluk Penyu hingga PLTU Karangkandri dana dari pusat," imbuh Erna. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: