Usul Ajukan Surat ke Presiden, Banjir Prembun dan Sumpiuh Bertautan dengan Delta Sepanjang 5 Km di Nusawungu

Usul Ajukan Surat ke Presiden, Banjir Prembun dan Sumpiuh Bertautan dengan Delta Sepanjang 5 Km di Nusawungu

Banjir mulai surut di Desa Prembun, Kamis (13/10) lalu. -Bhabinkamtibmas Polsek Tambak untuk Radarmas---

BANYUMAS-Persoalan banjir tahunan yang melanda Desa Prembun Kecamatan Tambak khususnya dan wilayah Sumpiuh serta Kemranjen pada umumnya berkaitan erat dengan delta sungai di Klumprit, Nusawungu, Cilacap.

Kepala Desa Prembun Masudi menceritakan korelasi antara banjir di tiga kecamatan di wilayah timur Banyumas dengan delta sungai tersebut.

BACA JUGA: Pemdes Prembun Kecamatan Tambak Desak Penanganan Banjir

"Hubungannya, air dari Prembun dan desa lain yang banjir mengalir ke sungai di Nusawungu. Karena delta yang terbentuk sudah sepanjang lima kilometer, air di sini lambat sekali surutnya," jelas Masudi.

Masudi membeberkan telah mengajak Bupati Banyumas pasca terjadi banjir pada Oktober lalu ke lokasi delta. Salah satu sumber pemicu genangan air di wilayah timur Banyumas.

BACA JUGA:Ribuan GP Ansor Gelar Aksi di Alun-alun Purwokerto, Tuntut Dugaan Ujaran Kebencian ke Tokoh NU, Ini Kata Ketum

"Setelah sekian lama menunggu, akhirnya bisa berkesempatan menunjukan ke bapak bupati adanya delta. Usul pembuangan delta dengan menyurati presiden dengan tembusan ke pihak terkait," imbuh Masudi.

Pertimbangan mengajukan surat ke presiden antara lain persoalan banjir sudah merambah ke lintas kabupaten. Kebumen, Banyumas dan Cilacap. Lalu, diperlukan komunikasi dan komitmen bersama antar kabupaten dalam penanganan banjir.

BACA JUGA:Kemawi Kembangkan Potensi Lewat Pasar Rakyat

"Menunggu keseriusan pemerintah dalam mengurai persoalan banjir. Selain delta, banyak pintu air rusak yang mendesak perbaikan," tambah Masudi.

BACA JUGA:Ini Temuan BBWSSO Soal Pelanggaran di Kawasan Wisata Curug Bayan

Banjir merupakan permasalahan sosial yang membutuhkan kehadiran pemerintah dalam menyelesaikan. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: