6 Motor Matic yang Memiliki Konsumsi Bensin Paling Irit, untuk Menghemat Pengeluaran

6 Motor Matic yang Memiliki Konsumsi Bensin Paling Irit, untuk Menghemat Pengeluaran

6 Motor Matic yang Memiliki Konsumsi Bensin Paling Irit, untuk Menghemat Pengeluaran-my pertamina-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Motor matic yang memiliki konsumsi bensin paling irit menjadikannya pilihan ideal, bagi pengendara yang ingin menghemat pengeluaran. Di tengah harga bahan bakar yang terus meningkat, memilih Motor matic irit dapat membantu Anda menghemat uang dalam jangka panjang.

Sebagai mahasiswa saya paham betul bagaimana rasanya dompet tipis di akhir bulan. Uang saku yang terbatas harus diirit semaksimal mungkin, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari termasuk biaya transportasi.

Bensin yang terus naik menjadi momok tersendiri. Biaya transportasi bisa menjadi pengeluaran terbesar kedua setelah makan, hal ini mendorong saya untuk mencari kendaraan yang hemat bahan bakar.

Sebagai pecinta motor mati saya mulai mencari-cari informasi, tentang Motor matic yang memiliki konsumsi bensin paling irit . Berdasarkan riset saya dan berbagai review dari teman-teman, akhirnya saya menemukan beberapa pilihan menarik.

BACA JUGA:MENGINTIP! Kecanggihan Motor Matic NMAX 160 Keluaran Terbaru, Raja Skutik Maxi di Indonesia.

BACA JUGA:MANTAP! Keunggulan Menggunakan Motor Matic untuk Kehidupan Sehari-Hari, Masa Depan Penuh Optimisme

Harga bahan bakar yang terus meroket menjadi momok bagi para pengendara motor, terutama di Indonesia. Pengeluaran bulanan untuk bensin bisa menjadi beban tersendiri, terlebih dengan padatnya aktivitas harian.

Inilah yang membuat banyak orang mencari kendaraan yang irit bahan bakar. Kabar baiknya para produsen motor matic terus berinovasi menghadirkan teknologi terbaru, yang mampu menghasilkan mesin irit bahan bakar.  

Jika Anda sedang mencari motor matic yang hemat di kantong dan ramah lingkungan, berikut 6 motor matic yang memeiliki konsumsi bensin paling irit diantaranya:

1. Honda BeAT

Sudah menjadi rahasia umum Honda BeAT menduduki peringkat teratas, sebagai motor matic paling irit di Indonesia. Julukan "juara irit" ini disandang BeAT bukan tanpa alasan.

BACA JUGA:10 Penyebab Bensin Motor Matic Kamu Menjadi Boros

BACA JUGA:Motor Matic Honda Beat vs Honda Beat Street: Mana yang Lebih Unggul?

BeAT dibekali teknologi eSP (enhanced Smart Power) yang mampu mengoptimalkan pembakaran mesin, sehingga penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien.  Tak hanya itu kehadiran fitur Idling Stop System (ISS) pada varian tertentu, turut berkontribusi pada keiritan bahan bakar.  

Fitur Idling Stop System secara otomatis mematikan mesin, saat motor berhenti dan menyala kembali ketika tuas gas diputar. Seperti jika Anda berhenti sebentar di lampu merah, maka mesin akan mati dan menyala kembali ketika di gas waktu lampu hijau.

Menurut pengujian internal Honda, BeAT mampu mencapai konsumsi bahan bakar hingga 60,6 km/liter (versi CBS). Angka ini tentunya sangat fantastis dan bisa menjadi solusi jitu, untuk menghemat pengeluaran biaya transportasi Anda.

2. Yamaha Fino 125 Blue Core

Tak mau kalah dari Honda BeAT produsen Yamaha turut menghadirkan jagoan iritnya, yakni Yamaha Fino 125 Blue Core.  Motor matic bergaya retro modern ini mengandalkan mesin 125cc berteknologi Blue Core, yang terbukti efisien dalam penggunaan bahan bakar.

BACA JUGA:WAJIB TAU! Cara Memilih Ban Motor yang Tepat untuk Motor Matic, Berkendara lebih Optimal dan Menyenangkan

BACA JUGA:MENARIK! Perbandingan Motor Matic Beat Karburator dan Beat Injeksi, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Teknologi Blue Core pada mesin Fino 125 Blue Core ini, diklaim mampu menghasilkan tenaga dan torsi besar namun tetap irit bahan bakar. Berdasarkan pengujian internal Yamaha produk Fino 125 Blue Core, mampu meraih konsumsi bahan bakar hingga 57,2 km/liter (versi AKSES).  

3. Honda Genio

Bagi yang menyukai motor matic berukuran mungil dan irit, Honda Genio bisa menjadi pilihan yang tepat.  Meski bertubuh mungil, Genio menawarkan perpaduan desain stylish dan konsumsi bahan bakar yang ekonomis.

Seperti halnya Honda BeAT pada Genio juga dibekali mesin eSP,  yang irit bahan bakar.  Selain itu fitur ISS turut hadir melengkapi varian tertentu dari Genio.  

Kombinasi mesin eSP dan ISS inilah yang membuat Genio, mampu menjangkau hingga 51,3 km/liter (versi CBS) dalam sekali pengisian bahan bakar. Dengan konsumsi bahan bakar yang irit Genio sangat cocok untuk penggunaan di perkotaan, untuk menemani Anda beraktivitas dengan lincah tanpa perlu khawatir dompet jebol.

4. Suzuki Nex II

Pilihan motor matic irit tak hanya datang dari pabrikan Honda dan Yamaha. Suzuki Nex II hadir sebagai opsi menarik bagi Anda, yang mencari motor matic irit namun tetap bertenaga.

BACA JUGA:5 Bagian Motor Matic yang Sering Rusak dan Cara Cepat Mengatasinya

BACA JUGA:7 Cara Mudah Mengatasi Motor Matic yang Terkena Banjir

Nex II menggendong mesin 115cc yang irit dan bertenaga. Teknologi Suzuki Fuel Injection yang dibenamkan pada mesin Nex II, turut berkontribusi terhadap efisiensi penggunaan bahan bakar.  

Berdasarkan klaim pabrikan Suzuki Nex II, mampu meraih konsumsi bahan bakar hingga 46,1 km/liter (versi Standard).

Dengan perpaduan keiritan dan performa yang baik Suzuki Nex II bisa menjadi pilihan tepat, untuk menemani aktivitas harian Anda baik ke kantor maupun sekadar berkeliling kota.

5. Yamaha FreeGo

Bagi yang membutuhkan motor matic berukuran besar untuk kenyamanan ekstra, Yamaha FreeGo bisa menjadi jawabannya. FreeGo tak hanya menawarkan ruang yang lega untuk pengendara dan barang bawaan, namun juga dibekali mesin yang irit bahan bakar.

BACA JUGA:6 Daftar Pilihan Motor Matic Keyless Terbaik di Tahun 2024

BACA JUGA:Cara Simple Menggunakan Standar Tengah Motor Matic

Mesin 125cc Blue Core pada Yamaha FreeGo dilengkapi dengan fitur Stop & Start System (SSS). Dengan fungsi mematikan mesin secara otomatis, saat motor berhenti dan menyala kembali ketika gas diputar.  

Fitur ini tentu berkontribusi terhadap efisiensi penggunaan bahan bakar. Berdasarkan klaim pabrikan Yamaha FreeGo, mampu meraih konlsumsi bahan bakar hingga 43,1 km/liter (versi standar).  

Angka tersebut tergolong irit untuk motor matic berukuran bongsor.  Dengan keunggulan bagasi yang luas dan konsumsi bahan bakar yang irit, Yamaha FreeGo cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

6. Honda Vario 125

Tak bisa dipungkiri Honda Vario 125 menjadi salah satu motor matic, paling favorit di Indonesia.  Selain desainnya yang stylish dan modern, Vario 125 juga menawarkan performa dan konsumsi bahan bakar yang seimbang.

BACA JUGA:10 Alasan Motor Matic Aerox Digemari Kaum Pria

BACA JUGA:Mau Liburan Ke Dieng, Kopeng, dan Telomoyo? Inilah Motor Matic Terbaik untuk Liburan ke Dataran Tinggi

Honda Vario 125 menggendong mesin eSP 125cc yang bertenaga dan irit bahan bakar.  Vario 125 dibekali fitur ISS yang membuat mesin otomatis mati saat berhenti, dan menyala kembali ketika tuas gas diputar.

Kombinasi mesin eSP dan ISS inilah yang membuat Honda Vario 125, mampu mencapai konsumsi bahan bakar hingga 46,9 km/liter (versi CBS).  Dengan performa yang baik dan konsumsi bahan bakar yang irit, Vario 125 cocok untuk segala kebutuhan mulai dari penggunaan harian hingga perjalanan jauh.

Keenam motor matic yang disebutkan di atas menawarkan konsumsi bahan bakar yang irit, sehingga ideal bagi pengendara yang ingin menghemat pengeluaran.

Motor matic yang memiliki konsumsi bensin paling irit bisa menjadi pilihan tepat, bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran bahan bakar. Pemilihan motor matic irit BBM terbaik, tentunya tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi Anda. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: