7 Fungsi dan Kegunaan Aki Motor Matic untuk Membuat Mesin Motor Tidak Bermasalah

7 Fungsi dan Kegunaan Aki Motor Matic untuk Membuat Mesin Motor Tidak Bermasalah

Penjelasan terkait fungsi dan juga kegunaan dari aki pada sepeda motor matic yang harus dipahami oleh pengguna motor matic.-Fahma Ardiana-

5. Catu daya untuk lampu sepeda motor matic

Pastikan mobil atau sepeda motor matic anda mempunyai lampu. Ada lampu depan, belakang, lampu sein, dan lampu kabin. Tentu saja diperlukan energi listrik untuk menyalakannya.

BACA JUGA:9 Kekurangan Motor Matic yang Memiliki Mesin Besar

BACA JUGA:7 Keunggulan Motor Matic yang Memiliki Mesin Besar

 

Salah satu fungsi aki disini adalah memberikan energi pada seluruh komponen lampu yang ada. Aki yang baik dapat memberikan daya yang cukup untuk menjaga lampu Anda tetap terang dan tajam.

Jika pencahayaannya sedikit redup, mungkin ada masalah dengan baterainya. Pastikan untuk memeriksa kekuatan pencahayaan. Lampu redup dapat memengaruhi pengalaman berkendara Anda.

Apalagi jika lampu tidak menyala karena kekurangan daya. Hal ini berbahaya dan dapat membahayakan keselamatan pengemudi.

6. Penyuplaian Energi Listrik ke Seluruh Komponen Mesin

Selain lampu, tentunya masih ada beberapa komponen kendaraan lain yang memerlukan energi listrik agar dapat berfungsi dengan baik. Misalnya klakson sepeda motor atau speedometer. 

Jika aki sepeda motor matic tidak dapat memberikan energi yang cukup, komponen tersebut pasti akan bermasalah. Ini juga salah satu fungsi aki sepeda motor.

7. Menyuplai Energi Listrik pada Starter

Yang tak kalah penting adalah peranan aki sepeda motor matic dalam menyuplai energi pada starter kendaraan. Jika mobil Anda tidak mau hidup atau mati, mungkin ada masalah dengan aki Anda.

Daya yang disimpan dalamaki kemudian dikirim ke starter. Begitu energi tersedia cukup, starter dapat menghidupkan kendaraan.

Seperti yang mungkin sudah Anda duga, aki sepeda motor matic yang rusak akan membuat kendaraan Anda tidak dapat dihidupkan. Dalam hal ini, aki perlu diservis Kembali atau diganti baru untuk meningkatkan kinerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: