Tinggi Gelombang di Perairan Selatan Cilacap Hingga 3 Meter, Masyarakat Diminta Hati-Hati

Tinggi Gelombang di Perairan Selatan Cilacap Hingga 3 Meter, Masyarakat Diminta Hati-Hati

Aktivitas masyarakat saat bermain di Pantai Sidayu Binangun.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Perairan selatan Cilacap diprediksi berpotensi terjadi gelombang tinggi dalam beberapa waktu kedepan. Untuk itu, masyarakat beraktifitas di sekitar pantai diminta untuk waspada. 

Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung, Rendi Krisnawan mengatakan untuk gelombang laut di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa Barat termasuk dalam kategori tinggi atau berkisar antara 0,5- 3,0 meter.

Sedangkan pola angin umumnya bertiup dari arah timur laut hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 4 - 25 knot.

"Walaupun termasuk dalam kategori sedang, namun tetap waspada. Karena kadang bisa terjadi sewaktu-waktu gelombang tinggi melanda," kata dia.

BACA JUGA:Kapal Berkah 2 Asal Cilacap Alami Kebocoran di Perairan Kebumen, 3 ABK Selamat

BACA JUGA:Cegah Judi Online, Handphone Milik Anggota Kodim 0703/Cilacap Disidak

Selain itu, kata Rendi, nelayan juga diminta untuk waspada saat melaut terutama bagi nelayan kapal kecil. Apalagi, ketinggian gelombang 2,5 meter saja sudah berbahaya bagi kapal-kapal kecil. 

"Untuk nelayan perahu kecil biasanya hanya diperkenankan melaut dengan ketinggian gelombang 1,25 meter atau maksimal dua meter. Sedangkan saat ini, ketinggian gelombang di laut bisa mencapai diatas 2,5 meter," kata dia.

Masyarakat khususnya yang beraktivitas di pantai atau wisatawan diminta untuk memperhatikan peringatan lebih lanjut saat cuaca buruk terjadi Siklus gelombang tinggi memang selalu terjadi pada Juni, Juli, Agustus, bisa juga sampai September. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: