Pentingnya Tidur Berkualitas dalam Mencegah Gangguan Kesehatan Mental

Pentingnya Tidur Berkualitas dalam Mencegah Gangguan Kesehatan Mental

Pentingnya Tidur Berkualitas dalam Mencegah Gangguan Kesehatan Mental-Pinterest -

Dampak kurang tidur terhadap kesehatan mental menjadi perhatian utama karena kompleksitas interaksi antara keduanya. Berikut adalah beberapa dampak negatif dari kurang tidur terhadap kesehatan mental:

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Mental saat Berpuasa

BACA JUGA:Manfaat Susu untuk Kesehatan Mental

1. Emosi

Kurang tidur dapat mempengaruhi aktivitas bagian otak yang disebut amygdala, yang bertanggung jawab atas pengolahan emosi. Penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas amygdala hingga 60 persen saat kurang tidur. 

Tingginya aktivitas ini dapat mengganggu kemampuan otak untuk mengendalikan emosi, menyebabkan perubahan suasana hati yang signifikan dan reaksi emosional yang tidak proporsional.

2. Depresi

Kurang tidur dapat memperburuk kondisi depresi atau bahkan menjadi salah satu penyebabnya. Keterkaitan antara kurang tidur dan depresi seringkali menjadi lingkaran setan yang sulit diputuskan, dengan satu kondisi yang memperparah yang lainnya.

3. ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)

Gangguan ADHD dapat menjadi lebih kompleks dengan kurang tidur. Gejalanya, seperti hiperaktivitas, kesulitan berkonsentrasi, dan suasana hati yang tidak stabil, seringkali bertumpang tindih dengan efek kurang tidur.

4. Gangguan Bipolar

Kurang tidur dapat memperburuk episode mania pada penderita gangguan bipolar dan menyebabkan kelelahan yang ekstrem. Pada fase depresi, durasi tidur cenderung menjadi lebih panjang sebagai respons terhadap kelelahan yang berkepanjangan.

BACA JUGA:6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Mahasiswa Saat Proses Skripsi, Tips dan Strategi yang Efektif

BACA JUGA:5 Gangguan Kesehatan Mental Lansia Paling Berbahaya, Mengenali dan Mengatasi Tantangannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: