Ternyata Membantu Orang Lain Dapat Mencegah Gangguan Kesehatan Mental, Ini Alasannya !

Ternyata Membantu Orang Lain Dapat Mencegah Gangguan Kesehatan Mental, Ini Alasannya !

Alasan Mengapa Membantu Orang Lain Dapat Mencegah Gangguan Kesehatan Mental-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Membantu orang lain merupakan tindakan mulia yang memberikan manfaat. Sejumlah studi telah menegaskan bahwa perilaku Membantu orang lain dapat secara positif dapat mencegah gangguan kesehatan mental seseorang. 

Memberikan bantuan kepada orang lain dapat meningkatkan rasa kepuasan diri. Ketika seseorang merasa bahwa tindakannya memiliki dampak positif pada kehidupan orang lain, hal ini dapat meningkatkan perasaan prestasi dan kebahagiaan pribadi.

Dengan membantu orang lain juga dapat membantu mengalihkan perhatian dari stres dan kecemasan yang dirasakan individu. Simak penjelasan lengkap mengenai alasan mengapa membantu orang lain dapat mencegah ganguan kesehatan mental.

1. Meredakan stres

Membantu orang lain ternyata dapat mencegah gangguan kesehatan mental. Ketika seseorang memberikan bantuan kepada orang lain, otak akan merespons dengan menghasilkan zat-zat kimia yang dapat menimbulkan rasa senang dan kesejahteraan.

BACA JUGA:Manfaat Curhat untuk Kesehatan Mental

BACA JUGA:Cabai Ternyata Bisa Mempengaruhi Kesehatan Mental

Studi telah menunjukkan bahwa tindakan altruistik, seperti membantu orang lain, dapat merangsang produksi neurotransmitter penting dalam otak, termasuk dopamin dan oksitosin yang dapat memicu perasaan senang dan kepuasan. 

Selain itu, membantu orang lain juga dapat mengaktifkan pelepasan oksitosin. Oksitosin berperan dalam memperkuat hubungan sosial dan emosi positif, sehingga membantu orang lain dapat meningkatkan kesehatan mental.

2. Mengurangi tekanan darah

Membantu orang lain memiliki dampak positif pada kesehatan mental. Salah satu alasan mengapa membantu orang lain dapat mencegah gangguan kesehatan mental adalah kemampuannya untuk mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

BACA JUGA:Manfaat Kiwi yang Ternyata Mampu Meningkatkan Kesehatan Mental

BACA JUGA:Efek Positif Musik untuk Kesehatan Mental

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: