Efek Positif Musik untuk Kesehatan Mental

Efek Positif Musik untuk Kesehatan Mental

Berbagai efek serta manfaat positif musik untuk kesehatan mental dan juga kesehatan fisik.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.IDEfek positif musik untuk kesehatan mental dan membuat Anda merasa lebih baik. Beberapa orang mengatakan bahwa musik bisa membuat sehat.

Musik merupakan sumber kegembiraan dan kepuasan. Namun ada manfaat lain dari musik yang berkaitan dengan kesehatan mental. Gagasan bahwa musik mempengaruhi pikiran, emosi, dan perilaku bukanlah hal baru.

Jika Anda pernah merasa bersemangat saat mendengarkan musik rock, atau tiba-tiba bingung saat memutar musik sedih, Anda akan melihat sekilas kekuatan musik dalam memengaruhi suasana hati dan bahkan menstimulasi perilaku.

Musik menenangkan pikiran, memberi energi pada tubuh, dan bahkan membantu mengatasi rasa sakit.

BACA JUGA:Makanan untuk Membantu Atasi Gejala Gangguan Kesehatan Mental OCD

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil

Apa manfaat lain musik bagi kesehatan mental ? Dibawah ini adalah beberapa manfaat dan efek positif musik untuk kesehatan mental.

1. Membantu mengurangi stres

Musik terbukti membantu mengurangi stres. Ini terutama mengacu pada musik yang dimaksudkan untuk mendorong meditasi, menenangkan pikiran, dan relaksasi.

Mendengarkan musik mempengaruhi respon stres manusia, khususnya sistem saraf otonom. Orang yang mendengarkan musik dipercaya mampu lebih cepat pulih dari stres.

BACA JUGA:Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami Ibu Tunggal

BACA JUGA:Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Mental pada Mahasiswa

2. Membantu penatalaksanaan nyeri

Musik juga dapat membantu penatalaksanaan nyeri. Mendengarkan musik selama satu jam setiap hari dapat mengurangi rasa sakit secara signifikan dibandingkan metode lain untuk melawan rasa sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: