Ragam Makanan Sehat yang Dapat Menjaga Kesehatan Mental

Ragam Makanan Sehat yang Dapat Menjaga Kesehatan Mental

Ragam Makanan Sehat yang Dapat Menjaga Kesehatan Mental-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Apa saja makanan sehat yang dapat menjaga kesehatan mental. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang kita konsumsi juga bisa menjaga kesehatan mental kita.

Meski pada dasarnya, mengonsumsi makanan yang tepat sering kali dihubungkan dengan menjaga kesehatan fisik. Tapi ternyata baik juga untuk kesehatan mental.

Jenis makanan tertentu dapat meningkatkan tingkat peradangan di tubuh dan otak. Menurut laporan dari Sutter Health, peningkatan peradangan dalam tubuh dapat meningkatkan risiko gangguan mood, termasuk kecemasan dan depresi. 

Menurut American Psychological Association, bakteri berpengaruh dalam mengatur kesejahteraan mental kita. Bakteri usus menghasilkan sejumlah zat kimia saraf yang digunakan oleh otak untuk mengatur proses fisiologis dan mental. 

Jenis Makanan yang Dapat Menjaga Kesehatan Mental

1. Blueberry

Blueberry, buah kecil yang berwarna biru gelap, ternyata menyimpan keajaiban kesehatan, terutama untuk kesehatan mental kita. Kaya akan antioksidan, blueberry diakui sebagai salah satu makanan super yang memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan otak.

BACA JUGA:Manfaat Curhat untuk Kesehatan Mental

BACA JUGA:Cabai Ternyata Bisa Mempengaruhi Kesehatan Mental

Kandungan antioksidan dalam blueberry membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel otak dan mempengaruhi fungsi kognitif kita. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa blueberry juga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, yang berkontribusi pada peningkatan kinerja kognitif dan memori. Ini menunjukkan bahwa blueberry membantu meningkatkan kemampuan kognitif kita.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika blueberry sering disebut sebagai "makanan otak". Menambahkan blueberry ke dalam pola makan sehari-hari dapat menjadi langkah yang cerdas untuk menjaga kesehatan mental kita. 

2. Kacang Almond

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: