Inilah 5 Gangguan Kesehatan Mental yang Bisa Diwariskan dalam Keluarga

Inilah 5 Gangguan Kesehatan Mental yang Bisa Diwariskan dalam Keluarga

Gangguan kesehatan mental yang bisa diwariskan dalam keluarga -Design Talk-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gangguan kesehatan mental yang bisa diwariskan dalam keluarga perlu diperhatikan dengan serius. Dengan memahami risiko ini, kita dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang sesuai untuk menjaga kesehatan mental kita dan anggota keluarga.

Gangguan kesehatan mental bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk faktor genetik dalam keluarga. Meskipun memiliki riwayat penyakit mental dalam keluarga bisa meningkatkan risiko, namun tidak semua penyakit mental sepenuhnya diwariskan secara genetik. 

Terapi kognitif bisa menjadi solusi efektif dalam mengatasi masalah ini. Jadi, jika ada gangguan kesehatan mental dalam keluargamu, jangan ragu untuk mencari bantuan. 

Berikut beberapa gangguan kesehatan mental yang cenderung diwariskan dalam keluarga.

BACA JUGA:Waspada! Ini 6 Gangguan Kesehatan Mental yang Disebabkan Karena Kurang Tidur

BACA JUGA:Ini 5 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami saat Lebaran, Jomblo Harap Waspada!

1. Bipolar

Gangguan suasana hati seperti bipolar bisa disebabkan oleh faktor genetik. Jika ada kerabat dekat yang pernah mengalami depresi atau bipolar, risiko Anda untuk mengalami gangguan serupa juga lebih tinggi. 

Menurut penelitian yang dimuat dalam Schizophrenia Bulletin, kemungkinan Anda mengalami bipolar sepanjang hidup berkisar antara dua hingga tiga persen. Namun, risiko tersebut bisa meningkat hingga 50 persen jika kedua orang tua Anda mengalami gangguan ini.

Walaupun demikian, perlu diingat bahwa faktor genetik tidak selalu berarti Anda akan mendapatkan diagnosis bipolar. Namun, jika Anda memiliki kekhawatiran, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Diskusikan gejala dan kekhawatiran Anda dengan dokter untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi kesehatan Anda dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk merawatnya.

BACA JUGA:6 Ciri-Ciri Bipolar Kambuh, Kenali Berdasarkan Fase yang Dilewati!

BACA JUGA:Yuk Ketahui! Inilah 5 Pengobatan Bipolar yang Sudah Teruji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: