Ini 5 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami saat Lebaran, Jomblo Harap Waspada!

Ini 5 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami saat Lebaran, Jomblo Harap Waspada!

Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami saat Lebaran-University of Reading Weblongs-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gangguan kesehatan mental yang sering dialami saat Lebaran bisa berdampak besar pada kesejahteraan emosional kita. Sehingga, sangat penting bagi kita untuk memahami dan mengelola gangguan tersebut dengan baik. 

Lebaran menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa perayaan ini juga dapat menjadi sumber stres dan kecemasan bagi sebagian orang. 

Bagi para jomblo, Lebaran seringkali membawa tantangan tersendiri dalam menjaga kesehatan mental. Berikut lima gangguan kesehatan mental yang sering dialami saat Lebaran, serta memberikan tips untuk mengatasinya.

1. Kecemasan Sosial

Kecemasan sosial adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang sering dialami saat Lebaran. Para jomblo mungkin merasa canggung atau tidak nyaman saat berada di tengah kerumunan keluarga yang membahas tentang pasangan atau hubungan. 

BACA JUGA:Makanan untuk Membantu Atasi Gejala Gangguan Kesehatan Mental OCD

BACA JUGA:Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami Ibu Tunggal

Perasaan ini dapat memicu kecemasan sosial yang membuat mereka merasa tidak mampu berinteraksi dengan baik.

Tips Mengatasinya:

Cobalah untuk fokus pada hubungan positif dengan anggota keluarga yang dekat dan mendukung. Berbicaralah dengan mereka tentang minat dan hobi yang sama, atau bahkan mencari teman seperjuangan di antara kerabat yang lain. 

Ingatlah bahwa Lebaran adalah momen untuk bersatu dan berbagi kasih sayang, bukan untuk menilai status hubungan seseorang.

2. Depresi dan Kesepian

Bagi kaum jomblo, perayaan Lebaran seringkali meningkatkan perasaan kesepian dan depresi. Melihat teman-teman atau kerabat lain yang bersama pasangan atau keluarga dapat membuat mereka merasa terisolasi dan sedih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: