Inilah 5 Gangguan Kesehatan Mental yang Bisa Diwariskan dalam Keluarga

Inilah 5 Gangguan Kesehatan Mental yang Bisa Diwariskan dalam Keluarga

Gangguan kesehatan mental yang bisa diwariskan dalam keluarga -Design Talk-

2. Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan delusi, kekurangan emosi, dan kesulitan dalam berpikir. Peran genetik sangat berpengaruh dalam meningkatkan risiko terkena gangguan ini. 

Misalnya, kemungkinan seseorang untuk mengalami skizofrenia sepanjang hidupnya sekitar satu persen dalam populasi umum, namun risiko tersebut dapat melonjak menjadi 45 persen jika kedua orang tua kandungnya juga mengidap skizofrenia.

Meskipun demikian, penting untuk dicatat bahwa peluang tersebut bukanlah jaminan pasti. Jika ada riwayat skizofrenia dalam keluargamu dan kamu merasa khawatir tentang kemungkinan mengidap penyakit mental ini, berkonsultasi dengan dokter merupakan langkah terbaik.

3. Fobia

Gangguan kesehatan mental yang bisa diwariskan dalam keluarga berikutnya yaitu fobia. Banyak masalah kecemasan dalam keluarga timbul karena respons yang dipelajari, sehingga tidak jarang seseorang mewarisi fobia yang sama dari orang tua. 

BACA JUGA:Benarkah Gaya Hidup Tidak Sehat, Berisiko Terkena Gangguan Kesehatan Mental ?

BACA JUGA:Kekerasan Masa Kecil, Berpeluang Besar Menyebabkan Gangguan Kesehatan Mental Pada Anak Lho!

Contohnya, jika ibu selalu panik saat melihat laba-laba atau ayah takut pada ketinggian. Jika Anda tumbuh dewasa dengan mengamati mereka bereaksi secara intens dalam situasi ini, kemungkinan Anda telah menangkap kecenderungannya. 

Menurut informasi yang dipublikasikan dalam Psychology Today, fobia juga terbukti dapat diturunkan secara genetik. Karena sering melihat ayah dan ibu bereaksi berlebihan terhadap sesuatu, hal ini dapat sangat tertanam pada anak. 

Namun, ada metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi fobia. Di antaranya adalah teknik desensitisasi, terapi, dan bahkan kelompok pendukung.

4. Gangguan Makan

Jika kamu sedang menghadapi masalah dengan gangguan makan, mungkin karena kondisi tersebut memiliki keterkaitan dalam keluarga. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS One, lebih dari 50 persen risiko mengalami gangguan makan dipengaruhi oleh faktor genetik.

BACA JUGA:Sering Merasa Bersalah: Gejala Gangguan Kesehatan Mental yang Perlu Diketahui

BACA JUGA:Pencegahan dan Pengobatan Gangguan Kesehatan Mental Mood Disorder

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: