8 Manfaat Olahraga di Bulan Puasa Bagi Kesehatan Mental

8 Manfaat Olahraga di Bulan Puasa Bagi Kesehatan Mental

Kumpulan manfaat olahraga selama bulan puasa bagi kesehatan mental -Freepik -

Selain itu, olahraga juga membantu mengurangi stres dan kegelisahan yang dapat mengganggu tidur, sehingga memungkinkan seseorang untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas selama bulan puasa. 

Dengan demikian, berolahraga secara teratur selama bulan puasa dapat menjadi bagian dari rutinitas yang sehat untuk meningkatkan kualitas tidur dan menjaga kesehatan mental seseorang.

6. Mengurangi Risiko Insomnia 

Olahraga di bulan puasa juga dapat membantu mengurangi risiko insomnia atau gangguan tidur lainnya. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan, yang seringkali merupakan penyebab utama dari gangguan tidur seperti insomnia. 

Selain itu, olahraga juga membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. 

Dengan berolahraga secara teratur selama bulan puasa, seseorang dapat memperkuat rutinitas tidur yang sehat dan mengurangi risiko mengalami gangguan tidur, sehingga menjaga kesehatan mental dan fisiknya selama periode ibadah yang intens ini.

BACA JUGA:Inilah 5 Tanda-tanda Mental yang Sehat

BACA JUGA:Apa Itu Anxiety Disorder? Penyakit Mental yang Berbahaya

7. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Olahraga di bulan puasa juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Melalui olahraga, seseorang dapat merasa lebih bugar secara fisik dan memiliki perasaan yang lebih positif terhadap tubuhnya.

Selain itu, meraih tujuan-tujuan olahraga yang ditetapkan dapat memberikan perasaan pencapaian dan kebanggaan, yang secara langsung berkontribusi pada peningkatan rasa percaya diri. 

Dengan merasa lebih bugar, kuat, dan bersemangat melalui aktivitas fisik.

Seseorang dapat membawa perasaan ini ke dalam aspek-aspek lain dalam hidupnya, termasuk menjalankan ibadah puasa dengan keyakinan dan kepercayaan diri yang lebih besar.

8. Menumbuhkan Ketahanan Terhadap Stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: