8 Manfaat Olahraga di Bulan Puasa Bagi Kesehatan Mental

8 Manfaat Olahraga di Bulan Puasa Bagi Kesehatan Mental

Kumpulan manfaat olahraga selama bulan puasa bagi kesehatan mental -Freepik -

Selain itu, olahraga juga bisa menjadi bentuk pengalihan perhatian dari stres dan kecemasan yang mungkin dirasakan selama menjalani ibadah puasa.

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Olahraga di bulan puasa dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus seseorang. Aktivitas fisik meningkatkan aliran darah ke otak, yang membantu dalam meningkatkan fungsi kognitif dan memperbaiki daya ingat. 

Dengan demikian, berolahraga secara teratur selama bulan puasa dapat membantu seseorang tetap fokus dan konsentrasi dalam menjalankan ibadah dan aktivitas sehari-hari.

Ini sangat penting terutama ketika seseorang harus mempertahankan kewaspadaan dan konsentrasi selama periode puasa yang panjang.

4. Mengurangi Gejala Depresi dan Kecemasan 

Olahraga di bulan puasa juga dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Aktivitas fisik secara teratur telah terbukti efektif dalam meredakan gejala depresi dan kecemasan dengan meningkatkan produksi hormon endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati dan meredakan stres. 

Selain itu, olahraga juga memberikan kesempatan untuk menyibukkan pikiran dan mengalihkan fokus dari pikiran negatif, yang dapat membantu mengurangi gejala-gejala depresi dan kecemasan.

Dengan berolahraga secara teratur selama bulan puasa, seseorang dapat merasa lebih bugar secara fisik dan mental, membantu menjaga kesehatan mentalnya selama periode ibadah yang intens ini.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Self Reward Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

BACA JUGA:Tantangan Kesehatan Mental yang Dialami Oleh Gen Z

5. Meningkatkan Kualitas Tidur 

Olahraga di bulan puasa juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu mengatur pola tidur dan meningkatkan kemampuan seseorang untuk tertidur lebih cepat serta tidur lebih nyenyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: