Perempuan Lebih Berisiko Terkena Gangguan Kesehatan Mental Dibanding Laki-laki? Inilah Alasanya

Perempuan Lebih Berisiko Terkena Gangguan Kesehatan Mental Dibanding Laki-laki? Inilah Alasanya

Perempuan Lebih Berisiko Terkena Gangguan Kesehatan Mental Dibanding Laki-laki? Inilah Alasanya-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang dapat menimpa siapa saja. Namun, perempuan memiliki risiko yang lebih tinggi dalam mengalami kondisi ini dibandingkan dengan laki-laki. 

Sejumlah faktor telah diidentifikasi sebagai penyebab meningkatnya risiko ini, dengan perubahan hormonal menjadi salah satu faktor kunci yang dipertimbangkan. Berikut alasanya:

1. Alasan Biologis

Gangguan kesehatan mental memiliki dampak yang signifikan pada kesejahteraan perempuan. Faktor biologis, menjadi salah satu penyebab utama mengapa mereka lebih berisiko terhadap Gangguan kesehatan mental.

Perempuan mengalami fluktuasi hormon yang signifikan mulai dari masa pubertas hingga menopause. Hormon-hormon seperti estrogen dan progesteron memiliki peran penting dalam fungsi otak dan suasana hati. 

BACA JUGA:Langkah Menghindari Gangguan Kesehatan Mental dalam Proses Belajar Anak

BACA JUGA:Jenis-Jenis Gangguan Kesehatan Mental pada Lansia

Perubahan kadar hormon ini dapat memengaruhi aktivitas neurotransmitter dalam otak yang terkait dengan regulasi suasana hati, seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin.

Perubahan hormonal pada wanita terjadi pada beberapa fenomena keperempuanan dalam siklus hidup mereka, termasuk menstruasi, kehamilan, keguguran, persalinan, dan menopause.

Setiap fenomena tersebut dapat menyebabkan fluktuasi yang signifikan dalam kadar hormon, sehingga pada gilirannya dapat memengaruhi suasana hati dan kesejahteraan mental. 

Misalnya, sindrom pramenstruasi (PMS) adalah contoh yang umum dari bagaimana perubahan hormonal selama siklus menstruasi dapat mempengaruhi suasana hati dan emosi perempuan.

BACA JUGA:Inilah Beberapa Tanda Adanya Gangguan Kesehatan Mental pada Anak

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Mental pada Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: