Langkah Menghindari Gangguan Kesehatan Mental dalam Proses Belajar Anak

Langkah Menghindari Gangguan Kesehatan Mental dalam Proses Belajar Anak

Langkah-langkah strategis yang perlu Anda ambil untuk menghindari terjadinya gangguan mental dalam proses belajar pada anak. -Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gangguan kesehatan mental atau psikologis adalah penyakit yang mempengaruhi emosi, pola pikir, dan perilaku pasien. Sama seperti penyakit fisik, ada pengobatan untuk penyakit mental.

Kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa kehidupan yang mempunyai dampak signifikan terhadap kepribadian dan perilaku seseorang. Peristiwa ini mungkin termasuk kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan anak, dan stres berat jangka panjang.

Apabila kesehatan jiwa terganggu maka timbul gangguan jiwa dan penyakit jiwa. Gangguan jiwa dapat mengubah cara seseorang menghadapi stres, berinteraksi dengan orang lain, mengambil keputusan, dan dapat menimbulkan keinginan untuk menyakiti diri sendiri.

Banyak jenis gangguan mental yang umum terjadi, termasuk depresi, gangguan bipolar, kecemasan, gangguan stres pascatrauma (PTSD), gangguan obsesif-kompulsif (OCD), dan psikosis. Beberapa penyakit mental hanya terjadi pada tipe pasien tertentu. Misalnya, depresi pasca melahirkan hanya menyerang ibu setelah melahirkan.

BACA JUGA:Orang Tua Harus Jauhi Mental Miskin Jika Ingin Sang Anak Sukses

BACA JUGA:Inilah Tanda-Tanda Kamu Mengalami Kelelahan Mental

Kesehatan mental anak juga dapat mempengaruhi pembelajarannya. Ketika anak-anak menghadapi tantangan dan tidak mampu beradaptasi atau menyelesaikannya, mereka menjadi takut dan cemas serta tidak mampu bergaul dengan orang lain.

Faktor kesehatan mental anak biasanya bersifat internal atau eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri anak itu sendiri yang kurang terbuka, tenang dan sulit mengungkapkan permasalahannya.

Sedangkan faktor eksternal yang paling berpengaruh adalah lingkungan, cara anak berinteraksi dengan teman-temannya, tentang adaptasi.

Jika anak tidak mampu beradaptasi, mungkin akan dikucilkan oleh masyarakat atau dianggap sebagai anak yang pendiam. Situasi ini harus diatasi oleh semua guru dan orang tua agar kesehatan mental anak tetap seimbang dan proses pembelajaran berhasil.

BACA JUGA:Yuk Ketahui! Inilah Dampak Bahaya Self-Diagnosis Terhadap Kesehatan Mental

BACA JUGA:6 Strategi Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Menghindari Gangguan Kesehatan Mental dalam Proses Belajar Anak

Langkah-langkah strategis yang perlu Anda ambil untuk menghindari terjadinya gangguan kesehatan mental dalam proses belajar pada anak, di antaranya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: