Tips Menjaga Kesehatan Mental pada Anak

Tips Menjaga Kesehatan Mental pada Anak

Beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk menjaga kesehatan mental pada anak.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kesehatan mental anak sama pentingnya dengan kesehatan fisiknya. Peran orang tua sangat besar dalam perkembangan intelektual anak.

Salah satu landasan kuat bagi pikiran yang sehat adalah kasih sayang dan dukungan terhadap anak Anda. Tujuannya adalah untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional, yang dibutuhkan anak-anak untuk menjalani kehidupan yang bahagia, sehat, dan sukses.

Untuk membentuk landasan ini, orang tua perlu membangun hubungan yang kuat dengan anak-anak mereka, sering meluangkan waktu bersama mereka, menjadi orang yang paling dipercaya, dan membantu mereka memecahkan masalah yang mereka hadapi. Dengan cara ini, anak menjadi lebih dekat dan terbuka kepada orang tuanya.

Tips Menjaga Kesehatan Mental pada Anak

BACA JUGA:Inilah Tanda-Tanda Kamu Mengalami Kelelahan Mental

BACA JUGA:Orang Tua Harus Jauhi Mental Miskin Jika Ingin Sang Anak Sukses

Sebagai orang tua, harus bisa ikut andil dalam menjaga kesehatan mental sang anak. Dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk menjaga kesehatan mental pada anak.

1. Membuat anak merasa dihargai

Hargai segala kebaikan yang dilakukannya dengan memuji semua pencapaian anak mulai dari hal-hal sederhana. Berikan dia perhatian penuh Anda dengan rutin menanyakan minat dan aktivitasnya sehari-hari. Selain itu, para ibu juga dapat membantu anaknya mencapai keinginan dan cita-citanya dengan cara yang positif.

2. Jadilah pendengar yang baik

BACA JUGA:Tipe Parenting yang Berdampak Buruk pada Anak

 

BACA JUGA:Ciri-ciri Toxic Parenting yang Harus Orang Tua Ketahui

Bersikaplah seperti sahabat anakmu saat anakmu sedih, ajaklah ia untuk menceritakan masalahnya. Orang tua harus tetap terhubung dengan sang anak kapanpun dan dimanapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: