Ini 10 Jenis Gangguan Mental yang Paling Banyak Dialami Orang, Sudah Tahu?

Ini 10 Jenis Gangguan Mental yang Paling Banyak Dialami Orang, Sudah Tahu?

Jenis Jenis Gangguan Mental-Freepik-

Gangguan kepribadian menyebabkan individu memiliki pola pikir dan perilaku yang tidak biasa dan sulit untuk diubah. Mereka kesulitan memahami situasi dan orang lain, sehingga sulit berinteraksi sosial dengan lingkungan sekitarnya.

9. Sindrom Tourette

Sindrom ini menyebabkan penderitanya melakukan tic, yaitu gerakan atau ucapan yang berulang dan sulit dikendalikan. Gangguan ini biasanya muncul pada anak usia 2–15 tahun dan lebih umum terjadi pada anak laki-laki daripada anak perempuan.

10. Psikosomatis

Psikosomatis ini menyebabkan masalah fisik muncul sebagai respons terhadap pikiran individu. Gejala gangguan mental jenis ini dapat berupa rasa cemas, gelisah, stres, atau depresi. Baik orang dewasa maupun anak-anak bisa mengalami gangguan ini.

BACA JUGA:Tips Pencegahan Gangguan Kesehatan Mental

BACA JUGA:6 Gejala Gangguan Mental yang Jarang Diketahui dan Sering Diremehkan

Masalah fisik yang timbul dari gangguan mental ini mencakup kelelahan, nyeri otot, sesak napas, dan telapak tangan berkeringat. Terkadang, individu juga bisa merasa cemas berlebihan meskipun gejala fisik yang mereka alami ringan.

Gangguan mental sering diabaikan karena gejalanya tidak selalu terlihat atau dimengerti secara langsung oleh orang awam. Oleh karena itu, penting bagi penderita atau orang yang peduli untuk mendapatkan perhatian dan perawatan yang sesuai. 

Jika Anda mengalami salah satu gejala dari jenis gangguan mental di atas, segera konsultasikan dengan dokter ahli.(amp)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: