Ini 10 Jenis Gangguan Mental yang Paling Banyak Dialami Orang, Sudah Tahu?

Ini 10 Jenis Gangguan Mental yang Paling Banyak Dialami Orang, Sudah Tahu?

Jenis Jenis Gangguan Mental-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Banyak jenis gangguan mental yang memiliki karakteristik dan cara pengobatan yang berbeda-beda. Beberapa hanya membutuhkan terapi bicara, sementara yang lain memerlukan penggunaan obat secara teratur dan terapi yang berkelanjutan. 

Setiap jenis gangguan mental memiliki sejumlah faktor penyebab yang berbeda, mulai dari pengalaman trauma masa lalu hingga faktor genetik.

Untuk lebih memahaminya, mari kita eksplorasi berbagai jenis gangguan mental yang sering ditemui.

Ini 10 Jenis Gangguan Mental yang Paling Banyak Dialami Orang, Sudah Tahu? 

1. Gangguan Kecemasan

Salah satu gejala dari gangguan mental ini adalah kecemasan yang berlebihan, di mana seseorang merasa cemas dan takut secara terus-menerus. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa pun, terutama oleh wanita yang berusia di atas 30 tahun. 

BACA JUGA:Butterfly Hug yang Bisa Mengatasi Permasalahahan Cemas

BACA JUGA:6 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Syaraf, Atasi Cemas dan Stres

Gejala kecemasan yang berlebihan ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan kualitas hidup seseorang jika tidak ditangani dengan tepat.

2. Gangguan Mood

Gangguan mood terkait dengan perubahan suasana hati yang ekstrem, di mana individu yang terkena bisa mengalami perasaan senang atau sedih yang berlebihan di luar keseimbangan emosional normal. 

Meskipun perubah emosi seperti ini sering terjadi pada banyak orang, namun jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan bahkan membahayakan diri sendiri serta orang lain. 

Gangguan mood yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan konsekuensi serius bagi kesejahteraan seseorang, oleh karena itu penting untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dan dukungan yang dibutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: