Ini 10 Jenis Gangguan Mental yang Paling Banyak Dialami Orang, Sudah Tahu?

Ini 10 Jenis Gangguan Mental yang Paling Banyak Dialami Orang, Sudah Tahu?

Jenis Jenis Gangguan Mental-Freepik-

BACA JUGA:Tak Perlu Panik! Ini 5 Cara Mengatasi Mood Swing pada Anak dengan Mudah

BACA JUGA:8 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh, Mood Jadi Baik

3. Skizofrenia

Gejala ini sering dikaitkan dengan fenomena kesurupan, terutama dalam budaya Jawa. Skizofrenia sebenarnya merupakan kondisi yang menyebabkan penderitanya mengalami halusinasi, kesulitan berpikir secara jelas, dan percaya pada halusinasi atau delusi. Penyakit ini sering membuat penderita kesulitan membedakan antara realitas dan khayalan.

4. Gangguan Psikotik

Secara dasar, kasus ini serupa dengan skizofrenia di mana penderitanya mengalami kesulitan membedakan antara kenyataan dan halusinasi. Gangguan ini terjadi karena disfungsi zat kimia di otak yang dipicu oleh kelelahan fisik atau ketegangan mental.

5. Kontrol Impuls

Gangguan mental ini mengacu pada kesulitan seseorang dalam mengendalikan dorongan untuk bertindak secara agresif. Penderita gangguan ini mengalami kesulitan mengontrol diri mereka sendiri, yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

6. Gangguan Makan

Gangguan makan terjadi ketika individu kehilangan kendali atas jumlah makanan yang mereka konsumsi, entah itu dalam jumlah yang berlebihan atau justru sangat sedikit. Gangguan ini bisa berkembang menjadi bulimia nervosa di mana penderita cenderung memuntahkan makanan yang sudah dikonsumsi secara berlebihan, menyebabkan tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

BACA JUGA:Inilah Cara yang Bisa Dilakukan Bagi Para Orang Tua untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

BACA JUGA:Agar Berat Badan Ideal, Berikut 5 Cara Menambah Nafsu Makan secara Alami yang Bisa Dilakukan!

7. Obsessive-Compulsive Disorder (OCD)

Jenis gangguan mental ini memaksa penderitanya untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu secara berulang. Jika tidak dilakukan, penderita akan merasakan kecemasan yang luar biasa. Gangguan ini dapat terjadi pada siapa pun, termasuk orang dewasa, remaja, dan bahkan anak-anak.

8. Gangguan Kepribadian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: