Ini 5 Manfaat Self Care untuk Kesehatan Mental Anda dan Cara Melakukannya!

Ini 5 Manfaat Self Care untuk Kesehatan Mental Anda dan Cara Melakukannya!

Manfaat Self Care bagi Kesehatan Mental -Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ada beragam manfaat self care untuk kesehatan mental loh. Apa saja? simak penjelasannya dalam artikel berikut. 

Banyak dari kita mungkin lebih fokus pada menyelesaikan tugas dan aktivitas sehari-hari, sehingga sulit untuk menyisihkan waktu untuk melakukan self care. Mungkin kita juga sering berpikir bahwa kita hanya boleh bersantai setelah menyelesaikan semua pekerjaan.

Namun kenyataannya, tanpa perawatan diri yang teratur kita rentan mengalami kelelahan, kecemasan, bahkan depresi. Baik itu dengan melakukan aktivitas sederhana seperti berjalan-jalan, menulis jurnal, atau menikmati hidangan favorit, self care memiliki dampak positif pada kesehatan mental dan kebahagiaan secara keseluruhan.

Di bawah ini kami sajikan beberapa manfaat self care yang perlu Anda ketahui!

BACA JUGA:Maraknya Kenakalan Remaja, Ini Cara Self Care di Usia Remaja

BACA JUGA:Yuk Ketahui! Inilah Dampak Bahaya Self-Diagnosis Terhadap Kesehatan Mental

5 Manfaat Self Care untuk Kesehatan Mental

1. Menyayangi Diri Sendiri

Manfaat self care yang pertama yaitu membuat Anda lebih menyayangi diri sendiri. Dengan menerapkan self care, Anda dapat memperoleh kesempatan untuk lebih mengenal diri sendiri, memahami kebutuhan, kelebihan, dan kekurangan Anda, serta meningkatkan kasih sayang terhadap diri sendiri. 

Hal ini membantu Anda merasa lebih berharga dan layak mendapatkan perhatian self care. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah meditasi. 

Dengan bermeditasi, Anda dapat melatih diri untuk fokus dan menenangkan pikiran, sehingga merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif.

2. Memberikan Energi Positif untuk Tubuh

Dengan menerapkan self care secara teratur, Anda dapat memberikan energi positif untuk tubuh Anda. Self care membantu kita mengatasi kegagalan tanpa menyalahkan diri sendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: