Ini 5 Manfaat Self Care untuk Kesehatan Mental Anda dan Cara Melakukannya!

Ini 5 Manfaat Self Care untuk Kesehatan Mental Anda dan Cara Melakukannya!

Manfaat Self Care bagi Kesehatan Mental -Freepik-

BACA JUGA:Mengenali 9 Tanda Membenci Diri Sendiri yang Sering Diabaikan

BACA JUGA:5 Manfaat Menakjubkan dari Berbicara pada Diri Sendiri Setiap Hari, Wajib Coba!

Manfaat self care untuk kesehatan mental yang dapat diperoleh ialah membantu kita menguatkan diri dengan pikiran positif seperti "Tidak apa-apa, besok masih ada kesempatan." Dengan menghadirkan afirmasi positif dalam pikiran, Anda akan merasakan energi positif dan ketenangan dalam diri Anda. 

3. Lebih Fokus dan Bersemangat dalam Aktivitas Sehari-hari

Kadang-kadang, melakukan rutinitas yang monoton membuat kita cepat merasa jenuh dan enggan melanjutkannya. Jika Anda mengalami hal ini, segera lakukan self-care untuk menjaga mood Anda. 

Anda bisa melakukan perawatan diri seperti menggunakan masker wajah atau pergi ke salon. Dengan menyisihkan waktu untuk me-time dan menemukan kegiatan menyenangkan di tengah kesibukan, tubuh Anda akan lebih siap, fokus, dan bersemangat dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

4. Mengurangi Beban Stres

Berolahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental. Melalui aktivitas fisik, Anda dapat meningkatkan suasana hati dan memperbaiki pola tidur, yang berdampak positif pada kesehatan jiwa. 

BACA JUGA:Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri dengan Adanya Orang Tua yang Narsistik

BACA JUGA:Tips Mengajarkan Anak Agar Tidak Menyakiti Diri Sendiri

Studi dari Harvard TH Chan School of Public Health menunjukkan bahwa berlari selama 15 menit atau berjalan selama satu jam per hari dapat mengurangi risiko depresi berat hingga 26%. Selain itu, aktivitas fisik dapat merangsang produksi hormon endorfin di otak, membantu mengendurkan otot, serta mengurangi ketegangan dan kecemasan. 

Jadi, ayo sisihkan waktu untuk berolahraga ringan seperti jogging, bersepeda, atau melakukan workout di rumah.

5. Meningkatkan Kesejahteraan dan Sistem Kekebalan Tubuh

Sesekali, lakukan introspeksi diri untuk berhubungan dengan tubuh Anda. Hal ini penting untuk kesehatan mental Anda dan membantu Anda menjaga pola pikir yang positif. 

Melalui praktik ini, Anda dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan kebahagiaan Anda sendiri. Jadi teman-teman, mari luangkanlah waktu untuk merawat diri dengan self care.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: