Maraknya Kenakalan Remaja, Ini Cara Self Care di Usia Remaja

Maraknya Kenakalan Remaja, Ini Cara Self Care di Usia Remaja

Maraknya Kenakalan Remaja, Ini Cara Self Care Di Usia Remaja!-Blog Qelola-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Remaja seringkali terlibat dalam fenomena kenakalan yang mengkhawatirkan. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk tekanan dari lingkungan sekitar, tuntutan akademik yang tinggi, serta pengaruh media sosial.

Fenomena kenakalan remaja menjadi perhatian penting dalam masyarakat karena berbagai perilaku yang merugikan seperti konsumsi obat-obatan terlarang, pergaulan bebas, perilaku menyimpang, dan lain sebagainya. Faktor lingkungan, keluarga, teman sebaya, serta tekanan dari sekolah sering menjadi pemicu utama perilaku kenakalan ini.

Self care adalah praktik yang melibatkan perhatian terhadap kesejahteraan diri sendiri, baik secara fisik, mental, maupun emosional. Pada usia remaja, self care meliputi kegiatan seperti menjaga keseimbangan antara kegiatan sosial dan waktu untuk diri sendiri.

Self care di usia remaja memiliki peranan yang penting dalam membantu remaja menghadapi tekanan hidup. Melalui self care, remaja dapat membangun kepercayaan diri, meningkatkan kualitas tidur, mengelola stres dengan lebih baik, dan memperkuat koneksi positif dengan diri mereka sendiri serta orang-orang di sekitarnya.

BACA JUGA:Beredar di Medsos Remaja Konvoi Bawa Sajam dan Petasan di Cilongok

BACA JUGA:Warga Adukan Remaja Jalanan Nongkrong di Taman Sumpiuh, Satpol PP: Wajah Baru

Praktik self care yang konsisten pada usia remaja dapat membawa dampak positif yang signifikan. Ini termasuk peningkatan kesehatan mental, kemampuan mengelola emosi, peningkatan fokus dan produktivitas, serta peningkatan rasa percaya diri. 

Self care juga membantu remaja untuk lebih menghargai dan mengenali kebutuhan diri mereka sendiri, mempersiapkan mereka dengan lebih baik untuk menghadapi tantangan yang mungkin mereka hadapi di masa depan.

Dalam menghadapi fenomena kenakalan remaja, self care bukanlah solusi tunggal, namun merupakan sebuah pendekatan yang dapat membantu remaja membangun fondasi yang kokoh dalam menghadapi tekanan hidup. Dengan pendekatan yang tepat, self care di usia remaja dapat membentuk generasi yang lebih sehat secara fisik, mental, dan emosional.

Cara Sel Care Di Usia Remaja

1. Menjaga Pola Pikir yang Positif

Mengubah pola pikir negatif menjadi positif bisa dimulai dengan mengubah cara kita memandang kehidupan. Fokuslah pada hal-hal yang dimiliki dan bukan pada apa yang tidak dimiliki. Hindari perbandingan dengan orang lain yang bisa memicu perasaan tidak memadai. Lebih lanjut, penting untuk tidak terlalu keras pada diri sendiri dan menerima bahwa kesalahan adalah bagian dari pertumbuhan dan belajar.

BACA JUGA:Nongkrong di Alun-Alun Banyumas 13 Remaja Digiring ke Polsek, Dua Remaja Malah Bohongi Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: