5 Rekomendasi Makanan Tradisional Pasar Manis Purwokerto yang Wajib Dicoba!

5 Rekomendasi Makanan Tradisional Pasar Manis Purwokerto yang Wajib Dicoba!

Kuliner Pasar Manis sebagai Opsi Kuliner Malam Purwokerto yang Memikat-Instagram @arikusuma.id-

Cara menyantapnya pun unik, di mana kita dapat menyedot atau mencungkil daging keong yang lezat yang tersembunyi di dalam cangkangnya.

BACA JUGA:Resep Kraca, Hidangan Khas Banyumas yang Menggugah Selera

BACA JUGA:Tips Memasak Kraca Khas Banyumas agar Tidak Amis, Catat Baik-baik!

3. Tomplo atau Templek 

Tomplo atau Temple juga termasuk rekomendasi makanan tradisional yang harus dicoba ketika ke Pasar Manis Purwokerto. Makanan ini menggunakan ampas tahu sebagai bahan utama, yang merupakan sisa dari proses pembuatan tahu. 

Ampas tahu dicampur dengan bumbu seperti bawang putih, kencur, cabai, garam, dan merica yang dihaluskan. Kemudian adonan ampas tahu dan bumbu dibentuk menjadi bulat pipih, dicelup ke dalam tepung terigu, dan digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan serta renyah. 

Tomplo memiliki rasa gurih dan pedas dari bumbu, serta tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Biasanya disajikan dengan sambal kecap atau sambal terasi untuk menambah cita rasa pedas dan nikmat.

4. Kluban

Selain tomplo, rekomendasi makanan tradisional yang harus dicicipi yaitu kluban. 

BACA JUGA:Kluban Rontak Rantek, Kuliner Tradisional Banyumas yang Menggugah Selera

BACA JUGA:Resep Simple Soto Sokaraja Dijamin Gurih

Kluban terbuat dari berbagai jenis sayuran yang direbus, seperti kangkung, kacang panjang, daun melinjo, bayam, dan taoge, kemudian dicampur dengan parutan kelapa yang telah dibumbui dengan bawang putih, cabai, kencur, gula merah, terasi, dan garam. 

Perbedaannya dengan urap adalah parutan kelapa untuk kluban tidak dimasak terlebih dahulu, melainkan langsung dicampur dengan sayuran yang masih panas. Kluban memiliki cita rasa gurih dan manis dari bumbu kelapa dan sayuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: