Kluban Rontak Rantek, Kuliner Tradisional Banyumas yang Menggugah Selera

Kluban Rontak Rantek, Kuliner Tradisional Banyumas yang Menggugah Selera

Kluban Rontak Rantek-Cookpad-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kuliner tradisional Indonesia memiliki kekayaan rasa dan keunikan tersendiri yang patut untuk dipelajari dan dinikmati. Salah satu dari sekian banyak Kuliner tradisional yang masih lestari hingga saat ini adalah Kluban Rontak Rantek

Kluban Rontak Rantek merupakan salah satu warisan kuliner khas Banyumas yang memiliki sejarah panjang dan nilai kultural yang tinggi.

Kluban Rontak Rantek merupakan hidangan tradisional yang telah lama menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Banyumas, Jawa Tengah. 

Kluban sendiri merupakan istilah lokal yang merujuk pada hidangan berupa campuran sayuran yang direbus dan disajikan dengan bumbu khas. Sementara, Rontak Rantek adalah penyebutan lain untuk Kluban yang populer di kalangan masyarakat Banyumas.

BACA JUGA:Resep Nopia, Kuliner Khas Banyumas yang Bikin Nagih

BACA JUGA:Mengenal Lebih Jauh Templek, Kuliner Tradisional Banyumas yang Unik

Salah satu keunikan dari Kluban Rontak Rantek adalah komposisi bahan-bahannya yang unik dan seimbang. Kluban terdiri dari campuran berbagai jenis sayuran segar yang direbus dengan cermat sehingga tetap terjaga nutrisinya. 

Beberapa sayuran yang sering digunakan dalam Kluban antara lain krokot, krema, bayam, lontop, kangkung, cakra cikri, kacang panjang, dan kol.

Salah satu kunci kelezatan Kluban Rontak Rantek terletak pada bumbu yang digunakan. Bumbu untuk Kluban Rontak Rantek biasanya terdiri dari parutan kelapa segar yang telah disangrai, ditambah dengan rempah-rempah tradisional seperti trasi, kencur, bawang putih, gula merah, dan cabai rawit. Semua bumbu tersebut dicampur dengan proporsi yang pas untuk menghasilkan cita rasa yang khas dan lezat.

Meskipun Kluban Rontak Rantek termasuk ke dalam kuliner tradisional yang langka, namun beberapa pasar tradisional di Banyumas masih menjualnya. Penjual Kluban Rontak Rantek biasanya merupakan para pedagang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia kuliner tradisional, seperti yang bisa ditemui di Pasar Manis Sokaraja, Banyumas.

BACA JUGA:Berwisata Sambil Kulineran dari Sungai Serayu di KPK Coffee

BACA JUGA:Tahu Kupat Mbah Djawi Kuliner Legendaris Banyumas Sejak 1948

Selain memiliki cita rasa yang lezat dan khas, Kluban Rontak Rantek juga memiliki manfaat kesehatan yang tinggi. Dengan kandungan beragam sayuran yang terkandung di dalamnya, Kluban Rontak Rantek kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh.

Resep Kluban Rontak Rantek 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: