Tugu Lilin Cilacap Mulai Direnovasi, Bakal Dibangun Setinggi 16 Meter

Tugu Lilin Cilacap Mulai Direnovasi, Bakal Dibangun Setinggi 16 Meter

Area lokasi Tugu Lilin ditutup, bangunan tugu lama sudah dibongkar. -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Renovasi Tugu Obor Pertamina atau Tugu Lilin mulai direnovasi. Tugu yang terletak di pertigaan lampu lalu lintas Gumlir, Cilacap ini akan dibangun setinggi 16 meter.

Tugu Lilin yang menjadi ikon kota Cilacap, dibangun dengan konstruksi beton bertulang dan dihiasi berbagai ornamen khas Cilacap yang akan menambah kesan modern serta artistik. 

Berdasarkan pantauan, saat ini pihak pelaksana pekerjaan sudah menutup area sekitar lokasi bahkan tugu lilin yang lama sudah dirobohkan.

Pembangunan Tugu Lilin ini dikerjakan oleh rekanan PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit 4 Cilacap.

BACA JUGA:Warga Sidanegara, Cilacap Panik Ular Jali Masuk Sepeda Motor

BACA JUGA:Sebanyak 328 Calon PPK di Cilacap Dinyatakan Lolos Test CAT

Sebelumnya, lima desain untuk renovasi Tugu Lilin telah diajukan oleh pengembang. Desain Tugu Lilin baru memiliki unsur budaya dan alam Cilacap, seperti batik, kembang Wijayakusuma dan lidah api.

Struktur ikonik ini akan dipercantik dengan permainan lighting, sehingga akan mewarnai suasana malam di kawasan sekitarnya. 

Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Murri mengatakan, Tugu Lilin telah menjadi ikon Kabupaten Cilacap. Dengan demikian, renovasi ini dapat menjadi citra positif bagi Pertamina, pemerintah daerah dan Kabupaten Cilacap pada umumnya.

"Kami harap renovasi Tugu Lilin ini akan bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menambah citra positif bagi Kabupaten Cilacap," katanya.

Sementara itu, masyarakat setempat, Grita menilai, pembangunan Tugu Lilin dapat memperindah kota. "Kalau desain yang baru saya belum tahu seperti apa. Tapi semoga dengan adanya renovasi tugu ini Cilacap bisa semakin cantik. Apalagi tugu yang lama memang sudah usang, banyak besi-besi yang sudah kelihatan," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: