Menggali Kelezatan Brekecek Pathak Jahan, Olahan Kepala Ikan Lezat dan Kaya Rasa khas Kabupaten Cilacap

Menggali Kelezatan Brekecek Pathak Jahan, Olahan Kepala Ikan Lezat dan Kaya Rasa khas Kabupaten Cilacap

Menggali kelezatan dari kuliner Brekecek Pathak Jahan yang berasal dari Cilacap -Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kabupaten Cilacap yang terletak di pesisir selatan Jawa Tengah, merupakan tempat di mana kekayaan kuliner lautnya menjadi kebanggaan tersendiri. Salah satu hidangan yang menjadi favorit dan menggugah selera di sana adalah Brekecek Pathak Jahan, sebuah olahan ikan yang lezat dan kaya akan rasa khas. Dalam artikel ini, kita akan mengulik serta menggali tentang kelezatan dari Brekecek Pathatk Jahan khas Cilacap.

Mengenal Kuliner Brekecek Pathak Jahan khas Cilacap 

Brekecek Pathak Jahan adalah hidangan tradisional yang telah lama menjadi bagian dari budaya kuliner kabupaten Cilacap. Brekecek Pathak Jahan adalah kuliner yang terbuat dari gabungan kata kata brek dan kecek. Brek memiliki arti dijatuhkan atau diletakkan. Dan kecek artinya dikecek atau dicampur. Jadi, brekecek ini adalah cara memasak yang meletakkan ikan sebagai bahan utama lalu dicampur dengan bumbu yang khas.

Selain itu, Pathak adalah kepala, dan jahan adalah nama kan yang digunakan yaitu ikan jahan. Jadi, pathak jahan artinya adalah bagian kepala dari ikan jahan. Ikan jahan biasanya diolah menjadi ikan asin yaitu ikan asin jambal roti. Brekecek Pathak Jahan dimasak dengan bumbu dapur yang sangat mudah dicari, seperti bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah lainnya. Brekecek Pathak Jahan sangat nikmat bila dihidangkan dengan nasi putih hangat. 

BACA JUGA:5 Fakta Menarik Brekecek Pathak Jahan, Olahan Kepala Ikan Favorit Orang Cilacap

BACA JUGA:Mengenal Kuliner Khas Cilacap Brekecek Pathak Jahan Lengkap dengan Resep

Cara Membuat Brekecek Pathak Jahan

1. Cuci Kepala Ikan Jahan, kemudian kukus ikan selama 15 menit agar teksturnya menjadi empuk. Namun juga bisa tanpa perlu dikukus. Kemudian siapkan bahan seperti cabai rawit, cabai keriting, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe lalu haluskan semua bahan tersebut.

2. Panaskan wajan kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi, lalu masukan juga serai, lengkuas, dan daun salam sampai aroma bumbu menjadi wangi. Tambahkan air secukupnya masukan juga cengkeh dan asam, lalu aduk hingga merata dan tunggu sampai mendidih dan masukan kepala ikan jahan.

3. Ungkep Kepala Ikan Jahan hingga bumbu meresap ke dalam dengan merata. Masak Brekecek Pathak Jahan hingga air agak kering sedikit lalu matikan kompor. Cicipi rasanya dan sajikan Brekecek Pathak Jahan.

Rasa dan Aroma yang Khas

Brekecek Pathak Jahan memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera. Kuah santan yang kental dan beraroma rempah memberikan sentuhan lezat yang memanjakan lidah. Selain itu, tambahan rempah-rempah tradisional seperti daun salam, serai, dan lengkuas juga turut menyumbangkan aroma yang harum dan mengundang selera. Sensasi menyeruput daging di antara tulang kepala ikan jahan ini yang membuat brekecek pathak jahan menjadi sangat disukai.

Apalagi bumbu yang terasa pedas dan asin meresap di daging yang menyatu dengan hangatnya nasi putih, yang membuat lidah tidak ingin berhenti menikmati kelezatan dari kuliner ini. Kuliner Brekecek Pathak Jahan bisa sangat mudah ditemui di berbagai restoran dan tempat makan di sekitar pantai Cilacap. Selain Ikan, Brekecek juga memiliki olahan lain yaitu Brekecek Basur atau Bebek. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: