Libur Panjang Isra Mi'raj dan Imlek, Kunjungan di Lokawisata Baturraden Ajeg

Libur Panjang Isra Mi'raj dan Imlek, Kunjungan di Lokawisata Baturraden Ajeg

AJEG: Suasana obyek wisata Baturraden, Sabtu (10/2/2024). Libur panjang tak pengaruhi peningkatan jumlah kunjungan wisata di Baturraden.-DIMAS PRABOWO/RADARMAS -

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.IDLibur panjang di awal bulan Februari 2024 ini ternyata tidak berbuah manis seperti yang diharapkan oleh pengelola lokawisata Baturraden

Jumlah kunjungan wisatawan pada momen liburan ini tidak sesuai dengan ekspektasi. Menurut Kepala UPT Lokawisata Baturraden, Riyanto, hal tersebut mungkin dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya cuaca.

"Biasanya saat akhir pekan seperti ini, jumlah kunjungan bisa mencapai 10 ribu orang. Namun, kondisi cuaca yang kurang mendukung, dengan hujan turun di kawasan Baturraden, menjadi salah satu faktor utama penyebab penurunan jumlah pengunjung," tutur Riyanto, saat ditemui di kantornya, Sabtu (10/2/2024).

Menurut Riyanto, selain faktor cuaca, momen politik juga memberikan dampak pada kunjungan wisatawan pada libur panjang kali ini. 

"Mungkin karena ini dekat Pemilu juga yah, Banyak masyarakat sibuk dengan aktivitas politik di wilayah masing-masing dan hal ini juga memengaruhi putaran ekonomi lokal," jelas Riyanto.

 

UPT Baturraden mencatat bahwa selama empat hari libur Isra Mi'raj dan Imlek ini, kunjungan hanya mencapai 5.178 wisatawan, jauh berbeda pada saat momen libur panjang ditahun-tahun sebelumnya yang bisa mencapai 10 ribu wisatawan. 

"Bahkan, selama bulan Februari ini, kunjungan belum mencapai angka 10 ribu wisatawan, dengan pendapatan yang juga masih di bawah ekspektasi," ungkap Riyanto.

Terhitung mulai awal Februari 2024, sampai hari Minggu (11/2/2024), kunjungan wisatawan di Baturraden baru mencapai 8.202 orang, dengan total pendapatan Rp 183.482.500,-. (dim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: