Kementerian ESDM Jamin Ketersediaan LPG Selama Nataru, Terminal LPG dan SPPBE Siap Siaga

Kementerian ESDM Jamin Ketersediaan LPG Selama Nataru, Terminal LPG dan SPPBE Siap Siaga

Gas LPG 3 KG-Instagram @pekalonganinfo-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjamin ketersediaan stok Liquefied Petroleum Gas (LPG) sepanjang periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Mengantisipasi peningkatan permintaan LPG, termasuk LPG Tabung 3 Kg dan LPG Non Subsidi seperti LPG 5,5 Kg dan 12 Kg selama Natal dan Tahun Baru, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi bersama PT Pertamina (Persero) telah menyiapkan 23 Terminal LPG, 667 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bahan Bakar Elpiji (SPPBE), serta 4.972 Agen LPG di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji menyatakan bahwa agen dan pangkalan LPG siaga 24 jam disiapkan khusus di wilayah dengan permintaan tinggi. Ketersediaan LPG dijaga dengan penambahan pasokan LPG ke agen dan pangkalan. Tutuka Ariadji mengungkapkan hal ini di Jakarta pada Jumat, 22 Desember 2023.

Ia juga mengungkapkan bahwa semua SP(P)BE telah menghitung rute pengiriman LPG dari Terminal LPG ke SP(P)BE, sebagai langkah antisipasi terhadap peningkatan volume kendaraan dan kondisi cuaca yang mungkin terjadi.

BACA JUGA:Operasi Pengamanan Nataru di Banyumas, 422 Personil Gabungan Disebar Di Berbagai Titik

BACA JUGA:Edarkan Narkoba Untuk Perayaan Nataru di Banyumas, 8 Pengedar Dibekuk Sat Resnarkoba

"Ditjen Migas bersama PT Pertamina (Persero) dan PT Pertamina Patra Niaga melakukan pengawasan lapangan dalam rangka memantau ketersediaan LPG, baik secara langsung maupun melalui Posko Nataru," imbuhnya.

Tutuka memberikan rincian bahwa jumlah stok LPG nasional saat ini mencapai 461.670 metrik ton, dengan rata-rata penyaluran harian sekitar 23.571 metrik ton, sehingga coverage days mencapai sekitar 20 hari.

Oleh karena itu, kondisi stok LPG pada masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dijamin aman.

Tutuka juga dalam kesempatan yang sama memberikan pengingat kepada masyarakat mengenai program transformasi subsidi LPG yang ditargetkan secara tepat sasaran.

BACA JUGA:Libur Nataru, Kondisi Terminal di Cilacap Masih Sepi

BACA JUGA:Jelang Libur Nataru, Guru Pendidikan Agama Islam di Pangebatan Galakkan Pesantren Kilat

"Mulai 1 Januari 2024, hanya yang terdaftar yang dapat melakukan pembelian LPG Tabung 3 Kg. Prosesnya cepat dan mudah, masyarakat tinggal datang ke subpenyalur/pangkalan lalu menunjukkan KTP dan nomor KK. Nanti pangkalan yang akan membantu," jelas Tutuka.

Tutuka tambahkan, untuk warga yang ingin memperoleh informasi terkait ketersediaan LPG atau memberikan laporan mengenai keadaan aktual di lapangan, dapat menghubungi Contact Center ESDM 136 atau Call Center Pertamina 135.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: