Jelang Nataru, Stok Sembako di Purbalingga Dipastikan Aman

Jelang Nataru, Stok Sembako di Purbalingga Dipastikan Aman

Tim melakukan pantauan stok senbako di salah satu distributor yang ada di Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga, pastikan ketersediaan sembilan bahan pokok (Sembako) di Purbalingga masih aman.

Hal itu didasari dari hasil pantauan tim yang terdiri dari Dinperindag dan Polres Purbalingga, di sejumlah distributor sembako, Senin, 11 Desember 2023.

Kepala Bidang Perdagangan Dinperindag Kabupaten Purbalingga Wasis Pambudi mengatakan, kegiatan dilaksanakan untuk memantau harga menghadapi Nataru.

"Pantauan dilaksanakan di empat grosir (distributor, red) yang ada di Purbalingga," katanya kepada Radarmas, Selasa, 12 Desember 2023.

BACA JUGA:Jelang Akhir Tahun, Harga Sejumlah Komoditas Sembako di Purbalingga Naik

BACA JUGA:Mulai Turun, Harga Sejumlah Komoditas Sembako di Purbalingga Masih Tinggi

Fungsional Dinperindag Kabupaten Purbalingga Martha Dwi Budiarti mengatakan, dari hasil pantauan yang dilaksanakan diketahui stok sembako yang ada di distributor masih aman hingga Nataru.

"Sejauh ini hasil pantauan di lapangan, stok sembako masih aman. Namun, distributor justru mengeluhkan pembeli yang lesu," ujarnya.

Terkait harga sejumlah komoditas yang sempat naik, dia mengungkapkan sudah mulai turun. 

"Sudah pada turun seperti komoditas gula dan kedelai. Hal itu karena, impor sejumlah komoditas tersebut sudah mulai masuk ke Indonesia," jelasnya.

BACA JUGA:Jelang Nataru, Harga Sembako di Purbalingga Masih Stabil, Telur Ayam Dijual Rp 29 Ribu Per Kilo

Dia menambahkan, dalam pantauan tersebut pihaknya memantau stok sembako seperti gula, minyak goreng, terigu, serta kedelai.

Sejumlah komoditas sembako tersebut menjadi sadaran pantauan, karena rawan mengalami kenaikan dan kekurangan stok saat Nataru. 

Selain memantau ketersediaan atau stok sembako, tim juga akan melakukan pantauan harga di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Purbalingga. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: