Operasi Pengamanan Nataru di Banyumas, 422 Personil Gabungan Disebar Di Berbagai Titik

Operasi Pengamanan Nataru di Banyumas, 422 Personil Gabungan Disebar Di Berbagai Titik

PJ Bupati Banyumas, Kapolresta Banyumas dan Dandim 0701 Banyumas mengecek kesiapan personil saat apel gelar pasukan, Jumat (22/12.-AHMAD ERWIN/RADARMAS -

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Operasi lilin candi dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di Kabupaten Banyumas mulai dilaksanakan hari ini. 

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat selama pelaksanaan Nataru, Forkopimda Banyumas mengerahkan 422 personil yang disebar di berbagai posko pengamanan dan di posko pelayanan. 

"Intinya kami Forkopimda siap menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat selama pelaksanaan Natal dan Tahun Baru," ujar PJ Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, usai apel gelar pasukan operasi lilin candi di halaman upacara Polresta Banyumas, Jumat (22/12/2023). 

BACA JUGA:Retribusi Terminal Purwokerto Kurang Rp 40 Juta, Optimis Capai Target

Senada dengan hal tersebut,  Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu menjelaskan, dalam pelaksaan operasi lilin candi 2023 sebanyak ratusan personil gabungan dikerahkan. 

"Operasi lilin candi ini, kami melibatkan dari kepolisian sendiri 170 personel Kemudian dari Kodim ada 60 personel, dan dari pemerintah daerah dan lain sebagainya itu ada 192 personel," katanya. 

Ratusan petugas tersebut akan disebar di 13 pos pengamanan, 1 pos terpadu, 4 pos pelayanan, dan di 8 gereja prioritas. 

BACA JUGA:Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat di Cilacap Mulai Turun

"Pos pengamanan di gereja-gereja prioritas dari 102 gereja itu ada 8 gereja yang kita dirikan pos pengamanan.  Tetapi seluruh gereja itu nanti akan kita pastikan kita lakukan pengecekan untuk keamanan," jelas Kapolresta. 

Polsek di seluruh wilayah juga akan dikerahkan untuk melakukan pengecekan. 

"Sehingga apa yang diharapkan oleh Bapak Kapolri yaitu ibadah Natal dan tahun baru dilaksanakan dengan aman dan nyaman," imbuhnya. 

BACA JUGA:Pelaku Aksi Teror Jambret di Wilayah Cilacap Berhasil Diciduk Polisi, Tiga Bulan Beraksi di 10 TKP

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan sterilisasi di Gereja kemudian memantau tempat-tempat keramaian seperti tempat wisata dan tempat-tempat lainnya. 

Sementara itu, Dandim 0701 Banyumas, Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama mengatakan, untuk pengamanan Nataru pihaknya juga menyiapkan pasukan untuk membantu Polresta dan Pemda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: